Persiapan Winter In Seoul 2016

By ang - 21:25


Setelah setahun planning winter in Seoul di buat, akhirnya Januari 2016 Datang juga. Sebelum berangkat harus disiapin dulu alat perangnya soalnya ini winter, dan winter di seoul termasuk yang paling dingin. Bahkan tahun 2016 rame diberita korea mengalami cuaca ekstrim, badai salju dan winter terdingin. So, prepare dari awal sangatlah penting. Apa saja yang harus disiapkan? Mungkin dari pengalaman saya kemaren bisa jadi gambaran.
1. Winter Gear
 Barang-barang yang nempel di badan perlu disiapin dari rumah. Seperti long john, manset, legging, jaket/coat, dan kaos kaki dan sarung tangan.  Peralatan yang lain bisa di beli pas di Seoul, seperti sweater pilihannya lucu-lucu, syal dan boots juga banyak di jual di sepanjang kios stasiun. Untuk persiapan di bandara Incheon, dari KLIA2 saya sudah siap dengan baju lapis 3 (longjohn + sweater + jaket) dan pakek sepatu running + kaos kaki wool. Untuk pelengkapan winter yang saya bawa bisa di baca disini. 

2. Travel skincare
 
Karena suhu yang dingin seringkali kulit kita jadi kering, so pelembab wajib di bawa, baik pelembab wajah, bibir maupun kulit. Untuk kulit dan bibir saya bawa lip balm, body lotion, body butter mango series the Body Shop yang khusus untuk extra dry skin. Untuk wajah saya bawa tea tree sample kit dari inisfree hasil perburuan di Thailand. Sengaja bawa skincare ini karena inisfree produk asal Korea jadi saya pikir pasti sudah teruji untuk cuaca disana. Dan memang benar wajah saya bebas kering selama disana. Selain paket inisfree tersebut saya juga bawa Avene untuk membantu kulit tetap segar. 

3Obat-obatan
 Bawa obat yang biasa diminum terutama bagi yang ada masalah dengan kesehatan. Vitamin, koyok, plester, tolak angin, minyak angin, pain killer, obat diare, obat maag setiap travelling selalu saya bawa. Dari semua obat tersebut yang paling laris adalah tolak angin, koyok dan counterpain

4. Makanan
Mencari makanan halal di Korea itu gampang2 susah, nggak disemua tempat ada, jadi mending persiapan bawa makanan dari Indonesia. Bahkan isi koper saya kemaren 2/3 nya adalah makanan. Dasar takut lapar. But bayak yang dibawa balik ke Indonesia dan di tinggal di hostel. Kkkkk.
Makanan yang saya bawa diantaranya kering tempe, dendeng daging, sambal kacang, kerupuk, telur asin, pop mie, mie gelas, bubur instan, dan banyak snack. Tak lupa juga bawa minuman berasa. Hahaha, banyak banget yahhh pantesan bagasi sampek overweight. 

5. Itinerary dan Peta
Itinerary perlu dipelajari dari awal biar pas tiba nggak bingung lagi. Trus kalo disana nggak ada sanak saudara atau travel yang nganter2 kita, perlu dipelajari jalur tranportasinya. Peta subway dan bus bisa diambil gratis dibandara atau stasiun2. Ada juga aplikasinya, bisa di download di play store.  Print alamat hostel juga ya guys, biar nanti kalo nyari gampang

6. Uang/ Credir card
Kalo harus transit di kuala lumpur, selain won kita juga perlu siapkan ringgit. Biasanya orang juga nyiapain USD (susah nyari money changer yang mau nerima rupiah dan nilai tukar rupiah jatuh). Kemaren saya hanya bawa ringgit, won, rupiah dan CC. Note: won saya masih sisa banyak mungkin ini pertanda saya harus balik kesana buat ngabisin *modus.

7. Tiket/paspor
Tiket dan paspor yang sudah ditempeli visa yang sampek ketinggalan yah, bahaya… oh ya sedikit tips, seperti tiket saya dari Surabaya (08.30 PM) penerbangan terakhir ke KLIA2 (12.05 am) jangan lupa minta di checkin kan sekalian dari KLIA2 ke ICN. Jadi langsung pengang 2 boarding pass (sub-kul dan kul-icn) soalnya konter transfer flight di bandara KLIA2 hanya sampek jam 12. Kalo belum punya boarding pas kita nggak bisa masuk internasional depature, dan harus nunggu jam 4 pagi konternya buka

7. Lain-Lain
Charger untuk hp, tablet, kamera, netbook)
Alat makan. Sebenarnya ada di hostel, tapi kalo takut bekas makanan tidak halal mending bawa dari rumah. Kalo bisa alat makannya yang microwave friendly, biar mudah kalo mau ngangetin.
Botol minum. Biar bisa isi ulang air putih dan hemat g perlu beli minum
Flasdisk/harddisk ext buat nyimpen data
Netbook. Untuk killing time di pesawat dan Internet di korea super cepat (tapi kemarin saya nggak bawa ini)
Kamera. Korea itu indah yakin g mau bawa kamera???
Sunglasses (biar gaya)
Payung, sapa tahu hujan
Jas hujan, buat maen salju
Alat mandi. Sabun, shampoo, pasta gigi sebenarnya sudah ada di hostel tapi kalo takut g cocok mending bawa aja. Sabun cuci juga sudah ada di hostel, g perlu bawa.
Alat sholat, usahakan bawa sajadah walapun tipis, karena susah cari prayer room disana.
Tempat kartu, ini berfungsi untuk T-money. Biasanya kalo ditaruh disaku ato tas susah nyarinya dan rawan hilang. Kalo pakek ini tinggal di kalungin dan pas scan ke pintu masuk-keluarnya gampang. Sebenarnya kemaren g kepikiran bawa beginian, eh ternyata ada name tag kantor yang disiapin buat mengahadapi petugas imigrasi, malah bisa dipakek buat nyimpen t-money.

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. Long jhon di malang beli di mana sist?

    ReplyDelete
    Replies
    1. long john aku beli jakarta mbak, di mangga dua. kalo g salah tokonya juga bisa online di toko djohan

      Delete