10 Tips Berkunjung ke Hongkong Disneyland

By ang - 12:05


Dari berbagai theme park yang pernah saya kunjungi mungkin Disneyland lah yang paling mahal tiket masuknya. Tapi rasanya sayang sudah sampek Hongkong nggak mampir kesini. Disini kita bisa bertemu dengan karater disney favorit, bermain di wahana yang memacu adrenalin, dan best thingnya bisa bernostalgia ke masa kecil kita. Sebenarnya saya baru pertama kali ke Disneyland, dan alhamdulillah Hongkong Disneyland (HKDL) ini muslim traveller banget. Dari artikel yang saya baca, hanya HKDL yang sudah ada resto dengan sertifikat halal, dan disini juga menyediakan tempat sholat.
Sebagai gambaran teman2 yang mau berkunjung ke HKDL, mungkin beberapa tips ini bisa membantu, terutama untuk fisrt timer

1. Jangan lupa sarapan dan datanglah lebih pagi
Jika sudah punya plan mau ke HKDL setidaknya siapkan waktu sehari untuk mengeksplor arena bermain ini. Kadang seharipun masih terasa kurang. Sebelum berangkat usahakan sarapan dulu, buat amunisi sebelum capek antri berdiri. hehe, selain itu kalo mau sarapan di lokasi, pasti harganya lebih mahal.

Biasanya pintu masuk akan dibuka 15 menit sebelum jam buka, jadi sebisa mungkin datanglah sebelum jam buka untuk menghindari panjangnya antrian. Selain itu kita juga bisa foto2 dulu di area sebelum gate.
Saat itu saya sampai di Disneyland resort st. sekitar jam 09.15 waktu setempat sedangkan jam bukanya baru jam 10.00, saya pikir ini kepagian, tapi ternyata nggak juga karena sudah rame pengunjung. Setelah puas foto di bawah tulisan 'Hongkong Disneyland Resort' dan pelataran taman, saya menuju antrian pengecekan barang. Disini nggak seberapa antri karena petugasnya banyak. Lanjut ke pintu masuk utama, disini antriannya lebih panjang meski jumlah barisnya lebih banyak. Maklum gatenya belum dibuka. Begitu pintu dibuka dan cek tiket, pengunjung langsung lari masuk kedalam. Kenapa harus lari?


2. Pangkas Antrian dengan membeli tiket online
Dari pengamatan saya, beli tiket online memang lebih praktis karena kita nggak perlu dua kali antri (antri beli tiket dan antri di pintu masuk) dan harganya lebih murah dibandingkan beli on the spot. Saya beli tiketnya di KLOOK, jadi tinggal antri di gate, menunjukkan barcode ke petugas dan dapat kartu bergambar tokoh2 Disney. Keep your cute ticket, guys.


3. Tentukan arena dan show yang akan dikunjungi
Rasanya sehari itu nggak cukup buat main2, selain karena permaianannya yang banyak, antrian di setiap wahana juga nggak main2. Sebagai gambaran saya sudah datang pagi, antri di gate juga lumayan didepan, tapi saya masih harus mengantri + 1 jam untuk foto sama karakter Mickey dan Minnie mouse. Fyi, foto dengan karakter yang baru berulang tahun ke 90 ini, letaknya di paling depan. Disinilah saya baru sadar kenapa orang2 itu masuk pakek lari, nggak selow kayak saya, mereka berebut antrian wahana atau sekedar berfoto dengan karater favoritnya.



Cek juga show yang ada pada hari itu, kemudian tentukan mana saja yang mau ditonton, catat jadwal dan lokasinya. Pengalaman saya, karena keasyikan foto sama Ironman saya ketinggalan show ‘Moana: A Homecoming Celebration di Adventureland’. Hiks.
Jadwal show, peta dan antrian bisa kita lihat di aplikasi HKDL, Silahkan didownload, its really help.


4. Hindari Weekend dan Holiday
Saat itu saya datang di hari senin, sudah mencoba menghidari weekend, tapi masih rame bangeeeeettttttttttt. Sempat ngobrol dengan mbak2 yang ketemu saat nonton Hongkong Open, dia barusan dari HKDL (hari minggu), katanya udah kayak lautan manusia, makanya dia memutuskan untuk pulang cepat.


5. Beli Voucher Makan
Energy kita pasti sudah terkuras buat main2, jadi jangan sampek kita kelaperan. Setelah menimbang dan membandingkan, beli voucher makan memang lebih murah. Saya beli di KLOOK juga seharga 275rb-an. Satu voucher ini bisa ditukar dengan 1 makanan dan minum (combo meal) maksimal 149 HKD, dan 1 popcorn atau Frozen lollipop. Combo meal hanya berlaku di signature atau deluxe restaurant, diantaranya Explorer’s Club, Tahitian Terrace, Royal Banquet Hall, Clopin’s Festival of Foods, Comet Café atau Starliner Diner. Sedangkan popcorn atau frozen lollipop bisa ditukar di kios2 snack di sepanjang jalan. Fyi, KLOOK sering banget sebar kupon diskon, saya kemarin dapat harga 275rb tapi belum potong diskon.

Di HKDL terdapat dua Restaurant dengan Halal Certificate yaitu Explorer’s Club (di area Mistic Point) dan Tahitian Terrace (diarea Adventureland).

Saya makan di Explorer's Club, Menu saya Korean Beef combo (atas) dan teman saya pesan Tandori chiken and lamb curry combo yang minumnya di top up ke Mickey Sip Sip

Note: Kalo beli voucher makan di KLOOK atau beli online, tunjukkan barcode pembelian kita ke petugas dipintu masuk, nanti akan diberikan kartu seperti tiket masuk. Biar nggak bolak-balik, saat dipintu masuk selain menunjukkan barcode tiket masuk, jangan lupa barcode voucher makannya juga ditunjukkan. Jadi nanti kita akan dapat dua kartu, satu tiket satu voucher makan.

6. Bawa Camilan
ini Popcorn dari voucher makan
Saat kita masuk lokasi akan ada pemeriksaan bawaan kita, tapi tenang camilan dan minuman ringan bisa lolos. Biasanya yang disita itu makanan berat dan barang2 berbahaya. Kalo bawa camilan sendiri lumayan bisa hemat, bisa buat ganjal perut sambil nonton parade atau nonton show.


7. Jangan lupa Sholat untuk yang muslim

Alhamdulillah di HKDL ada Quite room yang dimanfaatkan untuk sholat, ruangan ini juga dilengkapi dengan tempat wudhu, selain itu disini juga ada colokan listriknya. Lokasi quit room ini ada di belakang restaurant Explorer’s Club di area Mistic Point.

8. Jangan salah kostum
source: Hongkong disneyland Facebook
Saat masuk Disneyland kita akan melihat banyak pengunjung dengan kostum yang unik sesuai karakter favoritnya. Dandanlah seunik mungkin atau setidaknya pakai kaos, topi atau bando dengan motif karakter Disney. Kalo mau beli aksesoris ori, hampir disepanjang jalan bisa kita temukan. Fyi, untuk belian official merchandise sebelum jam 1 pm, kita bisa dapat diskon 10%. Tapi bagi yang low budget seperti saya, rasanya sayang uang 200rb cuma buat beli bando. Alternartifnya, kita bisa bawa aksesoris ala-ala dari rumah, harganya bisa 10x lebih murah.


8. Kumpulkan Stiker Gratis

Jangan lupa minta stiker ke petugas berseragam Disneyland, hampir semua pegawai Disneyland ini mengantongi stiker dengan gambar karakter sesuai wilayahnya. Nggak usah malu, tinggal bilang ‘stiker Please’, mereka dengan senang hati bagi2, kecuali pas habis.


Selain Stiker, ada juga hal gratis yang tidak boleh dilewatkan. Free Postcard. Kita bisa minta kepetugas di area Main Street, USA, kalo nggak salah di City Hall, dekat pintu keluar. Kartu pos ini gratis, tapi kalo mau sekalian dikirim kita harus beli perangkonya. 

9. Hemat waktu dan tenaga dengan tiket FastPass
Tadinya saya pikir ini berbayar tapi ternyata free dan bisa buat siapa saja. Tinggal scan barcode tiket kita dimesin yang disediakan, nanti akan keluar tiket fastpass yang sudah ada jam masuknya.  Jadi kita bisa balik lagi sesuai jam yang tertera ditiket, nggak perlu capek berdiri buat antri. Fastpass ini bisa kita temukan di wahana Iron Man Experience, Hyperspace Mountain dan The Many Adventures of Winnie the Pooh.


Pengalaman kemarin ambil fastpass di wahana Hyperspace Mountain yang antriannya puaaanjang, sambil nunggu bisa main Orbiton dulu yang antriannya lebih pendek. Selesai diorbiton balik ke Hyperspace langsung masuk aja di jalur fastpass. Fyi, Lokasi Hyperspace Mountain dan Orbiton ini deket banget yah.

10. Foto di kereta Disneyland Resort
Selain foto di area HKDL, foto di dalam kereta dengan rute khusus Hongkong Disneyland Resort ini juga instagramable banget. Desain keretanya beda dengan kereta MTR yang lain. Mulai dari susunan tempat duduk yang dibuat melengkung, kaca jendela berbentuk kepala Mickey, dan handle untuk penumpang berdiripun dibuat disney banget. So jangan lupa foto2 di kereta unik ini, terutama foto sambil pegangan handle berbentuk Mickey mouse ini.
Saran saja, mending foto2nya saat berangkat, biasanya masih agak sepi. Kalo pas pulang mau naik aja udah antri.

Oke itulah 10 tips dari saya yang baru pertama kali ke Disneyland. Semoga membantu, dan kalo ada salah2 mohon koreksinya.

Have Magical Day at Disneyland...........................

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar