Macyto: Malang City Tour

By A ng' - 05:24

Tak mau kalah dengan kota lain, pemerintah daerah Kota Malang meluncurkan bus city tour. Macyto (Malang City Tour) begitu namanya. Bus berwarna hijau ini bertingkat dengan  bagian atas terbuka. Mirip2 yg diluar negeri. Jadi buat warga Malang dan yg lagi travelling ke Malang bisa nyoba keliling kota dengan macyto, dan yang penting it's free.

Jam operasi
Macyto mulai beredar jam 09.00 - 12.00, cuma untuk hari Minggu biasa standby jam 09.30 karena nunggu car free day selesai.

Hari operasi
Bus berkapasitas 40 org ini dapat dinaiki setiap hari. Hanya saja untuk umum hanya hari minggu, sedangkan senin-sabtu untuk pesenan/rombongan.

Halte
Disebelah gedung DPRD kota malang, atau depan Balai kota.

How to get ticket
Untuk umum (hari minggu) karcis akan dibagikan di halte (samping gedung DPRD). Dan mengingat ini gratis dan semakin diminati masyarakat siap antri dan dorong2an.
Sedangkan untuk rombongan bisa reservasi ke Dinas Pariwisata Kota Malang. 
Untuk traveller yg mau mencoba Macyto bisa reservasi juga ke Dinas Pariwisata dengan menunjukkan tiket pesawat/kereta/bus tujuan Malang atau dengan rekom dari travel agen/hotel tempat menginap.

Rute
Dari info yg saya dapat jalur yg dilalui Macyto tidak tetap, tergantung situasi dan kondisi, hehhe.
Kalo pengalaman saya kemaren rutenya dari tugu - alun2 - kantor Pos - per3an Talun - MOG - jl. Ijen - muter depan IBC - jl. Semeru - per4an BCA - kembali ke Tugu.
Saya juga pernah liat Macyto lewat depan Pasar Besar. Khan, g mesti rutenya.

Note: 
Pembagian karcis untuk umum itu random banget, g ada antrian yg tertib, siapa cepat dan kuat dia dapat. 
Semoga kedepannya bisa lebih tertib, pengalaman saya kemaren harus rebutan dan dorong2an biar dapet tiket. Belum lagi pas mau naek, semua pengen duduk diatas, dorong2 kedua dimulai.
Macyto dibagi beberapa gelombang. Mungkin sekitar 4 gel, masing gelombang jalan sekitar 40 menit.
Sistem pembagian tiketnya, untuk gel I tiket dibagikan di halte. Begitu gel I naek dan telah diabsen, tiket diambil. Kemudian dibagikan ke gel II. Gel I balik ke halte, gel II naek. Diabsen, tiket diambil dibagikan untuk gel III. Begitu seterusnya. Dan untuk menunggu bus datang bisa poto dulu ditugu, secara sekarang tamannya udah direnov dan bagus banget.
Bus Macyto ini ada dua buah, jadi sekali jalan bisa muat sekitar 80 orang.


Happy touring,,,,


  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. Katanya bus ini setiap hari ada ya sekarang. Apa hanya sabtu minggu saja. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. setiap hari memang ada, tapi yang dibuka buat umum hanya hari minggu

      Delete