ATM

Saat ATM Hilang, dont worry...

By A ng' - 00:00

Image source: intisari-online.com

Sebelumnya saya memang sering bermasalah dengan kartu ATM, dan kali ini dapat masalah baru lagi yaitu kartu ATM saya ilang. Parahnya saya g inget kapan dan dimana terakhir saya pakek atm. Tiba2 ilang saja, dan baru sadar pas mau gajian. 
Prinsipnya saat kartu ATM ilang, hal pertama yang dilakukan adalah mencarinya (ya pastilah). Kalo udah yakin kartu ATM itu ilang, entah karena jatuh, dicopet, ketelan mesin atau seperti kasus saya, langsung aja di blokir demi keamanan (seperti yang disarankan oleh mbak CS). Pemblokiran bisa ke bank terdekat atau lewat hotline service masing2 bank.
Selanjutnya kalo sudah ada waktu silahkan ke bank terdekat untuk mengurus atm baru. Berkas yang perlu dibawa:
1. Surat keterangan kehilangan dari kantor polisi terdekat
Bikinnya g susah, langsung kekantor polisi terdekat, bilang mau bikin surat kehilangan kartu ATM. dengan sigap pak petugas langsung membuat surat yang dimaksud. Bahkan pak petugas sudah tau kapan dan dimana kartu ATM saya hilang sebelum saya cerita (ajaib, padahal selama perjalan menuju kantor polisi saya bingung cari alasan ilangnya tu Kartu, karena saya bener2 g tau). 
Untuk membuat surat ini, yang ditanyakan pak petugas adalah KTP, no rek, bank yg mengeluarkan kartu ATM, dan cabang mana. Dan sesuai pengalaman saya tak ada biaya administrasi untuk membuat surat ini alias gratis.
2. Buku rekening tabungan
3. KTP asli
Berdasarkan penglaman saya mengurus kartu ATM baru di bank mandiri hanya tiga itu yang diperlukan. Untuk bank lain mungkin g jauh beda. 
Kalo ketiga berkas itu sudah lengkap bisa langsung diproses, kartu bisa langsung jadi dan aktif. 
Tapi kalo belum lengkap pasti disuruh balik. Seperti saya, harus balik lagi karna blm bawa surat kehilangan. 
Dan proses ini saya g ada biaya lagi baik biaya materai atau administrasi lain.

Nb. Kalo kasusnya kartu rusak g perlu surat keterangan polisi, hanya perlu bawa kartu yang sudah rusak itu.

Sekali lagi ini pengalaman saya di bank mandiri. Untuk bank lain mungkin ada perbedaan.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments