Beberapa Masalah tentang ATM

Pada dasarnya saya orang yang agak pelupa dan orang jawa bilang kurang 'primpen'. Karena sifat ini saya pernah pulang kuliah jalan kaki, karena kunci motor saya ilang dikampus, belanja pas mau bayar baru inget kalo g bawa dompet, dan masih banyak lagi. Tapi lupa adalah sifat dasar manusia, kalo g lupa bukan manusia namanya, hahaha

Karena sifat tersebut juga, saya jadi banyak pengalaman, terutama dengan kartu ATM saya. Berikut pengalaman saya tentang ATm yang mungkin terjadi pada Anda.


1. ATM Tertelan
kasus ini sudah lumrah terjadi dimana-mana. saya sudah mengalaminya 2-3 kali. yang pertama masih hampir, karena diselamatkan oleh nasabah yang antri dibelakang saya. namun yang kedua dan ketiga bener2 masuk kedalam mesin, dan dua-duanya bukan karena mesin ATMnya yang rusak tapi memang karena sifat dasar manusia saya, Lupa mengambil setelah dapat duitnya.

Kenapa bisa tertelan?
mesin ATM mempunyai kemampuan menarik/menelan setelah 6 detik jika kartu, uang dan struk transaksi tidak kita diambil. hal ini biasanya terjadi karena kita lupa mengambil kartu setelah kita memdapat uang yang kita inginkan. bisa juga karena kita sedang banyak pikiran trus melamun didalam ruang mesin ATM, seperti yang terjadi pada teman saya. yang tertelan bukan kartu atau struknya, tapi uangnya. hahaha, ternyata ada yang lebih parah dari saya. Saat dia telpon, saya g bisa berhenti ketawa. kok bisa,,,,

Kalo sudah tertelan apa yang harus kita lakukan?
menurut informasi yang saya terima dari CS Bank terkait, Bank secara periodik akan mengisi uang ke mesin ATM saat itu mereka akan bongkar mesin, dari situ ketahuan ada kartu ATM yang tertelan mesin. Jika yang tertelan ATM dari bank tersebut maka pihak bank akan menghubungi nasabahnya. Namun, jika Kartu ATM yang ditemukan bukan dari bank terkait, maka pihak bank akan menghancurkan kartu ATM tersebut.
seperti saya, Saya baru sadar kalo ATM saya g ada didompet pas saya gajian. dan saya ingat terakhir saya makek kartu ATM saya sekitar 2 minggu sebelumnya. tapi g tau kenapa saya g takut atau bingung, meski agak mikir. karena saya yakin ATM saya in safety place. dan benar besoknya ada telpon dari bank kalo ATM saya ketelen mesin. alhamdulillahhhhhh...

dari kejadian itu kesimpulannya, kalo kartu ATM Anda tertelan, g perlu khawatir karena mesin ATM adalah salah most Safety place, karena hanya pihak bank yang bisa mbongkar, kecuali mesin ATMnya dibobol perampok.
Tapi kalo memang Anda sadar ATM Anda tertelan, lebih baik segera lapor ke Bank terkait untuk konfirmasi atau laporan supaya kartu Anda segera bisa diambilkan. dan tidak perlu memblokir kartu tersebut. Namun, Jika Anda was2 monggo kalo pengen diBlokir.

Trus bagaimana jika ATM anda tertelan di mesin ATM di pusat perbelanjaan, Mall, atau tempat umum yang tidak bersebelahan/ jauh dari banknya. langkah pertama adalah cari pak satpam, atau Anda bisa mencari informasi yang biasanya ditempel di ruang ATM tentang ATM Link dan Bank terdekat. biasanya bank terdekat adalah bank yang bertanggungjawab mengisi dan mengelola mesin ATM tersebut.
kalo sudah ketemu sama Bank pengelola, silahkan lapor kesana. Jika masih jam kerja, lebih baik langsung ke bank tapi kalo sudah diluar jam kerja bisa via call center.

Intinya jika kartu ATM Anda tertelan g perlu parno, it's safety place. Anda hanya perlu lapor kebank pengelola. Namun beda cerita kalo kita sedang diburu waktu dan sibuk

2. PIN Salah
Pernahkah Anda pas butuh duit benget, Antri panjang di depan Mesin ATM, gerimis dan Lama, Anda jadi salah memasukkan PIN. setelah anda sadar PIN yang Anda masukkan salah Anda menggantinya dengan PIN yang benar, namun ATMnya bilang Anda tidak dapat melakukan transaksi??? BETE banget g sihhhh

itulah yang saya alami beberapa bulan yang lalu.
Akhirnya terpaksa saya ke bank langsung buat menanyakan hal tersebut. kenapa saya g bisa ngambil uangku sendiri. Ternyata hal ini dapat terjadi karena karena pihak Bank memberikan proteksi kepada rekening kita. Setelah 3 kali kita memasukkan PIN yang salah, maka secara otomatis akun kita terblokir. hal ini untuk melindungi nasabah jika ATMnya hilang atau dicuri.

solusinya, adalah harus kebank langsung. karena kita harus aktivasi ulang kartu ATM kita.
pertama kita harus laporan ke pihak bank, setelah itu pihak bank akan mengaktifkan kembali kartu kita. yang harus dibawa kartu identitas sebagai bukti dan buku tabungan.

Biasanya yang terjadi adalah Bank tempat kita membuka rekening berada diluar kota, atau bahkan diluar pulau, seperti saya. Awalnya saya mikir kalo masih satu bank yang sama mungkin bisa lapor ke semua KCPnya, akhirnya saya kebank terdekat. dan ternyata saya ditolak karena saya buka rekening diluar daerah, akhirnya saya disuruh kebank cabang. begitu saya ke bank cabang, antri lama, saya ditegur sama mbak CS, kalo cuma kasus seperti itu bisa di melakukan aktivasi dibank terdekat g perlu kecabang. OMG...mana yang harus saya percaya..

tapi yang jelas, jika Anda mengalami kejadian seperti saya, untuk beberapa bank aktivasi ulang bisa dilakukan di KCP g harus ke bank cabang. untuk aktivasi g terlalu lama, yang lama adalah antrinya. saat aktifasi Anda bisa menggunakan PIN laam atau menggantinya dengan yang baru.

3. ATM Hilang
Jangan sampek terjadi, tapi kalo sudah terjadi, orang korea bilang 'ottoke?'
pertama, harus memblokir kartu ATM kita. bisa via call center. Selanjutnya lapor ke bank untuk mengajukan permohonan Kartu ATM yang baru. Biasanya pihak Bank akan menyuruh kita mencari surat keterangan hilang dari kepolisian. untuk hal ini bisa ngurus di kantor polisi terdekat, bisa polrest atau polsek.
jika sudah lengkap berkas  yang diminta pihak bank, biasanya kita disuruh menunggu minimal 14 hari kerja untuk proses pembuatan kartu baru. Namun, juga tergantung Banknya, bisa lebih cepat atau mungkin lebih lama.

4. Saldo keDebit
waktu menjelang 2 hari sebelum lebaran 4 tahun lalu saya hendak membeli baju dan peralatan lebaran, akhirnya saya ngambil uang via ATM hampir 3/4 isi tabungan saya. kartu masuk, PIN udah dipencet, jumlah uang sudah ditentukan, nungggu lama uangnya g nongol2 juga. mesinya bilang silahkan ambil uang, tapi uang nya g keluar. whatttttttttttttt

trus saya cek saldo ternyata sudah berkurang sebanyak yang rencananya mau saya ambil tadi. pengen marah, panik, bingung, kok bisaaaa...
langsung saya telpon call center, ternyata masnya pinter, dia sudah bisa menebak apa yang terjadi pada tabungan saya. dan dengan santainya si mas bilang minimal prosesnya 14 hari kerja. heran kenapa bank suka banget dengan angka 14. padahal itu sudah H-2 lebaran.

saya kurang jelas apa penyebab hal ini terjadi, saldo sudah berkurang tapi uangnya g keluar, mungkin karena isi mesinya habis, tapi sistem lambat respon atau bagaimana. yang jelas kejadian seperti bikin gondok banget..

kalo hal ini terjadi yang pasti kita harus lapor ke pihak bank. Setelah lapor ya gitu harus nunggu proses yang biasanya 14 hari kerja. baru uang kita bisa balik masuk ke rekening kita.

berikut call center dari beberapa bank di negeri ini:

1. BNI Call : 500046 (fixed line dan telkomflexi dari seluruh nusantara dengan tarif lokal) atau 021-500046 atau 68888 (hp GSM) atau klik

2. Halo BCA : 500 888 atau (021) 500 888 (dari ponsel GSM)

3. Call BRI : 14017 atau 021-57-987-400

4. Call Mandiri : 14000 atau (021) 52997777

5. OCBC NISP : 500-999 atau 021-26506300 atau 66-999 (hp)

6. Phone Banking CIMB Niaga: 14041

7. Contact Center BTN : 021- 26533555

8. Contact Us BII: berdasar daerah klik

54 komentar:

  1. Wah, saya juga sering mengalami kejadian yg pertama, kartu atm ketinggalan di atm, 4x kyakny.Kalo ATM BNI itu apakah jg otomatis ketelan ya, kalo ditinggal lama??

    BalasHapus
  2. Ane kykx baru kejadian bbrp hari yg lalu,ane udh ngambil struk ma uang di atm muamalat(persis dpn bankx) tpi lupa ngambil atmx;itu ntar ketelen juga ato kita harus lapor buat blokir?

    BalasHapus
  3. setelah sekitar 10 detik kartu yang g diambil otomatis akan tertelan. Tapi sapa tau habis keluar ruang ATM ada orang masuk, jadi saran saya di blokir aja dulu, untuk keamanan baru nanti diaktifkan lagi.

    BalasHapus
  4. Jangan dag dig dug ...santai aja
    Telpon ke cs bank yang bersangkutan...
    Kalau hilang langsung di blokir

    BalasHapus
  5. Kalau ane hari ini. . . . . niat mw transfer. terus pas terakhir kan d suruh masukkin PIN. yaa,,,ane masukkin PIN. kok struk gk keluar-keluar. nyampe 3 kali baru sadar,,,,maaf kartu ATM anda sementara kami Blokir. gkgkgkgkgkgkgkgkgk :)


    #Males Ngantrine

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sudah ampun dengan masalah seperti ini, jadi kalo udah satu kali salah mending langsung ganti pin baru aja

      Hapus
  6. gan ATM BTN ane tadi ketelen di ATM BTN Surabaya tepat di depan kantor pusat di Jalan pemuda
    tadi dah lapor tapi kok pakek ngurus surat ke kepolisian segala nih n , kena charge lagi 15 ato 25 gitu lupa ane, padahal tdi kata pak satpam bisa dibuka kok ATMnya tpi pas ke CS nya ( karena deket) Katanya suruh ngurus surat Kehilangan dari kepolisian.

    --a masak ketelen disamaain sama hilang

    SAYA SANGAT KECEWA DENGAN PELAYANAN BANK BTN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan kecewa dulu agan, mungkin ada salah persepsi ma CS-nya
      3 kali pengalaman ATM saya ketelen mesin cuma satu kali saya disuruh ngurus surat kehilangan, soalnya saya g yakin ATMnya ketelen ato emang hilang. tapi akhirnya saya males ke kantor polisi, 1 minggu kemudian dapat telpon dari bank kalo ATM saya ketelen. alhasil, g perlu ngurus surat kehilangan.

      Hapus
  7. saya barusan mengalaminya, tetapi tidak seperti itu..pin yang saya masukan benar,dan sblumnya saya juga memasukkan pin yg sama dan tdk mengalami masalah,tp bru kali ini saya ambil uang ke atm dgn pin yg sering ane pake, tp kenapa di atm tertulis pin yg anda masukan salah, ane berpikir mungkin salah pencet nomor unt pin ane, ane ulangi dgn pelan2..tp tetep aja salah, saya mengulanginya sampe 10 kali..malah tertulis kesalhn sdh melampaui batas..yg salah mana nih..terpaksa saya tdk jadi ambil uang di atm.. Ada solusi ga,selain ke teller bank..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin agan lupa pernah ganti pin terus lupa, seperti saya kemaren, untung masih dua kali salah.
      setau saya, untuk aktifasi kartu atm dengan perbaikan pin, solusinya ya ke CS bank terkait. kalo g salah disemua cabang sudah bisa, jadi g harus ke bank tempat buka rekening

      Hapus
    2. saya barusan mengalami nya, coz ane bank BRI. ada apa ya ? kemarin memang pernah ganti pin. saya memasukkan pin yg baru tapi ttp sama gk bisa ambil uang.

      Hapus
  8. kartu saya tertelan dibandara bagaimana ya? ceritanya saya ambil uang nih tapi saya baru ingat ketika diluar negeri kalau atmnya belum sya ambil dari atm, kira2 bagai mana solusinya ya... karena saya butuh uang yang ada disitu. sya pernah dengar surat kuasa pengambilan uang tapi bagaimana ya? atau ada yang bisa bantu solusi lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo masalah ini saya belum pernah mengalami,
      coba tanya ke bank dari kartu atm yang agan pakek

      Hapus
  9. tapi buku tabungan saya di pegang ama orang tua sya sedangkan sya tinggalnya jauh dari orang tua,gimana tuh?apakah kartu ATMnya memiliki batas waktu untuk penggantian nomer pin?

    BalasHapus
  10. kayaknya g ada cuman takutnya dimanfaatkan oleh orang2 yang kurang bertanggung jawab. jadi mending di non aktifkan dulu atau minta keluarga untuk ngefax atau email buku tabungannya

    BalasHapus
  11. Kakak td bru aja slah masukin pin. Cz terlalu bnyk disuruh ambil uang dgn berbagai macam jenis. 3x keblokir. Pdhl aku diluar daerah. Dan ini atm punya ortu. Gmn ini???? Pdhl ge mepet bgd. Uang menipis.mhon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba besok datang langsung ksalah satu cabang bank atm kakak yang terdekat dengan tempat kakak sekarang.

      Hapus
  12. td dapat tlpon dari kk klo baru saja pinx terblokir, terus tabungannya ada diluar daerah.. mana ATMnya punya atas nama aku lagi.. apakah bisa diurus itu walaupun kartu atm nya bukan atas nama kakak???

    BalasHapus
  13. kayaknya bisa, asal dokumen yang dibutuhkan ada

    BalasHapus
  14. Saya mau nanya dong. Kok saldo diatm bni saya tiba2 berkurang ya.pdhl saya jarang untuk ambil duitnya. Kira2 itu kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di print buku tabungannnya, biar tau kira2 uangnya prgi kemana, sapa tau nanti agan termasuk korbannya Malin*a d**, hehehe

      Hapus
  15. Tarif telepon call center itu memberatkan...
    Kenapa ngga online chat aja ya lebih murah n pelayanan pasti lebih enak ngga perlu ngulang2 alphabet lagi C - charlie, D - delta dst coz semuanya diketik, dan juga ngga perlu lagi ah.. eh... karena suara kresek2 atau low signal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nice sharing,,,
      bisa menjadi salah satu alternatif,
      cuman dari pengalaman saya live chat, dikasih batasan waktu, kalo g salah cuman 10 menit. dan kadang kalo jaringan sedang sibuk, belum selesai cari solusi, udah time out, kalo ngulang mesti antri lagi

      Hapus
  16. bagaimana nih tanggapan dari mandiri

    BalasHapus
  17. Saya pengguna BCA , kalau struk pembayaran hilang bisa minta lagi ke teller tidak yah ? Info dong Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, saya belum pernah punya pengalaman soal itu,
      kalo sudah dapet solusi, di share yah

      Hapus
  18. saldo ke debit pengalamanQ jg tuh... padahal mw bayar uang SPP bwt kuliah hari itu..
    Q pencet 1x uangnya g kluar.. trus Q pencet lg 1x gag kluar2 jg..
    trus ku cek saldo.. eeehhh malah uangnya berkurang
    panikk nya minta ampun d situ...
    lalu ku datengin cabang bank nya... tunggu 14 hari kerja ya
    gedubrakk...
    padahal itu hari terakhir bayar SPP

    BalasHapus
  19. kalo mw transfer, udh sukses pas detik2 terakhir kblokir salah msukin pin gmn ya? itu uangx udh k transfer belum kira2?? banknya jauh2, blm sempet ngecek.. khawatir dh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya g yakin udah ketransfer, karena pinnya salah,
      untuk meyakinkan ya satu2nya komfirmasi ke banknya

      Hapus
  20. Kalau saya kehilangan ATM, terus saya memutuskan untuk tidak membuat ATM baru lagi,, apakah saya masih harus meminta surat keterangan dari polisi-?? Mohon jawabannya.. Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. secara adminitrasi kalo mau tutup tabungan harus bilang ke pihak bank, tapi rasa g masalah kalo kabur aja, malah g kena biaya adminitrasi

      Hapus
  21. Ya. PIN hrs selalui dihapal/diingat. agar tdk kelabakan wkt mau gunakan ATM :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. like this,,,
      tapi yang namanya lupa, kita g tau kapan

      Hapus
  22. gan mah tanya nih kartu atm ane ketelan gan...nomer pin udh ane masukin trus ada daftar menu pilihan
    pas ane mau pencet chek saldo...tiba2
    lagnsg ke menu awal lg gan yg iklan2 gitu...udh ane cancel tp ga keluar juga..
    tapi org laen bisa gan...
    padahal ane ga ngresa telat atau lambat...tolong solusiinya ya gan
    ada apa dngan kartu ane

    BalasHapus
  23. ATM Saya baru saja terblokir karena salah pin,.saya tidak bisa datang ke bank dalam waktu dekat karena sibuk,.apa tidak masalah jika saya kebank dua minggu lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. g masalah, asal anda tidak menggunakannya

      Hapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  25. gan saya 2013 awal buat kartu ATM BNI tapi nomor PIN bawaan atau yg asli gak pernah saya ganti sampai sekarang. kira-kira menimbulkan masalah nggak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ups banget, segera diganti aja dan akan lebih baik jika diganti secara periodik gan,,

      Hapus
  26. Yg parah ane nih barusan...ngambil duit ....duitnya gk keluar eh saldonya kepotong..nelpon cs BCA suruh nunggu 14 hari...aduuuh anekan butuhnya jga sekarang....gimana sih...kira2 balij gak ya duit ane....

    BalasHapus
    Balasan
    1. bete banget, saya sudah pernah mengalaminya 2 kali, dan alhamdulillah balik duitnya cuman emang harus sabar, memang untuk prosesnya butuh waktu yg agak lama

      Hapus
  27. Uda salah masukin pin 2 kali.. kali beaok nyoba lagi tinggal 1 ksmptan lg apa ke reet jd 3 ksmptn lg ya...??? Kalo ternyata bsk pinnya bener ,, kira2 ksmptnnya bakal nyaruh bwt kdpnnya gak kalo salah pin lagi.. mohon pencerahan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetep kehitung gan, jadi mumpung ingat cepet diganti aja

      Hapus
  28. gan ane niat nya mau transfer uang pass selesai ketik no rek yg dituju kok malah duit nya keluar lagi dan ada tulisan kartu anda kami tahan .itu kenapaa ya ? mohon di jawab terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl yang ini belum pernah ngalamin, langsung kontak cs banknya aja

      Hapus
  29. Maaf min, mau nanya nih, ane buka tabungan BRI simpedes, mulai awal buka sampe skrg pin atm ane blum prnah ane ganti , ya skitar setahun lebih lah, kira2 bermasalah gak min , min solusi donk min ? Makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. gpp, tapi disarankan cepet diganti dan diganti secara periodik

      Hapus
  30. Saya salah pin. Sudah kblokir. Trs blm sempet ke bank untuk lapor. Blh ga yah. Apa ada batas waktu untuk melaporkannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya enggak tapi ending cepet di urus aja

      Hapus
  31. Gan. ATM BCA gua Ketelan. kan gua suruh teman gua untuk narik dana. katanya dia tau. nah pas dia ke mesin ATM yg ada di Indomart eh dianya salah pencet. yg dia pencet nomor yg terterah di layar. bukanya TRANSAKSI LAINYA. di situlah ATM gua ketelan, kata tmn gua. nah pertanyaan gua. apakah UANG yang ada di ATM gpp atau bagaimana?
    mohon bantuanya..

    BalasHapus
  32. ada yang tau nggak kenapa di saldo atm tibatiba muncul ada tanda minus sehingga saldo tdk bisa diambil?? contoh -1.800.000. padahal itu baru aja dapet transferan dr ortu. udah coba tlf ke call center prosesnya lama sampe pulsa pada hbs. mau ngurus ke bank, sabtu minggu libur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maap gan yang ini belum pernah ngalamin juga, kl udah solusi tolong dishare yah, thanks

      Hapus