Beberapa Masalah tentang ATM

By ang - 23:33

Pada dasarnya saya orang yang agak pelupa dan orang jawa bilang kurang 'primpen'. Karena sifat ini saya pernah pulang kuliah jalan kaki, karena kunci motor saya ilang dikampus, belanja pas mau bayar baru inget kalo g bawa dompet, dan masih banyak lagi. Tapi lupa adalah sifat dasar manusia, kalo g lupa bukan manusia namanya, hahaha

Karena sifat tersebut juga, saya jadi banyak pengalaman, terutama dengan kartu ATM saya. Berikut pengalaman saya tentang ATm yang mungkin terjadi pada Anda.


1. ATM Tertelan
kasus ini sudah lumrah terjadi dimana-mana. saya sudah mengalaminya 2-3 kali. yang pertama masih hampir, karena diselamatkan oleh nasabah yang antri dibelakang saya. namun yang kedua dan ketiga bener2 masuk kedalam mesin, dan dua-duanya bukan karena mesin ATMnya yang rusak tapi memang karena sifat dasar manusia saya, Lupa mengambil setelah dapat duitnya.

Kenapa bisa tertelan?
mesin ATM mempunyai kemampuan menarik/menelan setelah 6 detik jika kartu, uang dan struk transaksi tidak kita diambil. hal ini biasanya terjadi karena kita lupa mengambil kartu setelah kita memdapat uang yang kita inginkan. bisa juga karena kita sedang banyak pikiran trus melamun didalam ruang mesin ATM, seperti yang terjadi pada teman saya. yang tertelan bukan kartu atau struknya, tapi uangnya. hahaha, ternyata ada yang lebih parah dari saya. Saat dia telpon, saya g bisa berhenti ketawa. kok bisa,,,,

Kalo sudah tertelan apa yang harus kita lakukan?
menurut informasi yang saya terima dari CS Bank terkait, Bank secara periodik akan mengisi uang ke mesin ATM saat itu mereka akan bongkar mesin, dari situ ketahuan ada kartu ATM yang tertelan mesin. Jika yang tertelan ATM dari bank tersebut maka pihak bank akan menghubungi nasabahnya. Namun, jika Kartu ATM yang ditemukan bukan dari bank terkait, maka pihak bank akan menghancurkan kartu ATM tersebut.
seperti saya, Saya baru sadar kalo ATM saya g ada didompet pas saya gajian. dan saya ingat terakhir saya makek kartu ATM saya sekitar 2 minggu sebelumnya. tapi g tau kenapa saya g takut atau bingung, meski agak mikir. karena saya yakin ATM saya in safety place. dan benar besoknya ada telpon dari bank kalo ATM saya ketelen mesin. alhamdulillahhhhhh...

dari kejadian itu kesimpulannya, kalo kartu ATM Anda tertelan, g perlu khawatir karena mesin ATM adalah salah most Safety place, karena hanya pihak bank yang bisa mbongkar, kecuali mesin ATMnya dibobol perampok.
Tapi kalo memang Anda sadar ATM Anda tertelan, lebih baik segera lapor ke Bank terkait untuk konfirmasi atau laporan supaya kartu Anda segera bisa diambilkan. dan tidak perlu memblokir kartu tersebut. Namun, Jika Anda was2 monggo kalo pengen diBlokir.

Trus bagaimana jika ATM anda tertelan di mesin ATM di pusat perbelanjaan, Mall, atau tempat umum yang tidak bersebelahan/ jauh dari banknya. langkah pertama adalah cari pak satpam, atau Anda bisa mencari informasi yang biasanya ditempel di ruang ATM tentang ATM Link dan Bank terdekat. biasanya bank terdekat adalah bank yang bertanggungjawab mengisi dan mengelola mesin ATM tersebut.
kalo sudah ketemu sama Bank pengelola, silahkan lapor kesana. Jika masih jam kerja, lebih baik langsung ke bank tapi kalo sudah diluar jam kerja bisa via call center.

Intinya jika kartu ATM Anda tertelan g perlu parno, it's safety place. Anda hanya perlu lapor kebank pengelola. Namun beda cerita kalo kita sedang diburu waktu dan sibuk

2. PIN Salah
Pernahkah Anda pas butuh duit benget, Antri panjang di depan Mesin ATM, gerimis dan Lama, Anda jadi salah memasukkan PIN. setelah anda sadar PIN yang Anda masukkan salah Anda menggantinya dengan PIN yang benar, namun ATMnya bilang Anda tidak dapat melakukan transaksi??? BETE banget g sihhhh

itulah yang saya alami beberapa bulan yang lalu.
Akhirnya terpaksa saya ke bank langsung buat menanyakan hal tersebut. kenapa saya g bisa ngambil uangku sendiri. Ternyata hal ini dapat terjadi karena karena pihak Bank memberikan proteksi kepada rekening kita. Setelah 3 kali kita memasukkan PIN yang salah, maka secara otomatis akun kita terblokir. hal ini untuk melindungi nasabah jika ATMnya hilang atau dicuri.

solusinya, adalah harus kebank langsung. karena kita harus aktivasi ulang kartu ATM kita.
pertama kita harus laporan ke pihak bank, setelah itu pihak bank akan mengaktifkan kembali kartu kita. yang harus dibawa kartu identitas sebagai bukti dan buku tabungan.

Biasanya yang terjadi adalah Bank tempat kita membuka rekening berada diluar kota, atau bahkan diluar pulau, seperti saya. Awalnya saya mikir kalo masih satu bank yang sama mungkin bisa lapor ke semua KCPnya, akhirnya saya kebank terdekat. dan ternyata saya ditolak karena saya buka rekening diluar daerah, akhirnya saya disuruh kebank cabang. begitu saya ke bank cabang, antri lama, saya ditegur sama mbak CS, kalo cuma kasus seperti itu bisa di melakukan aktivasi dibank terdekat g perlu kecabang. OMG...mana yang harus saya percaya..

tapi yang jelas, jika Anda mengalami kejadian seperti saya, untuk beberapa bank aktivasi ulang bisa dilakukan di KCP g harus ke bank cabang. untuk aktivasi g terlalu lama, yang lama adalah antrinya. saat aktifasi Anda bisa menggunakan PIN laam atau menggantinya dengan yang baru.

3. ATM Hilang
Jangan sampek terjadi, tapi kalo sudah terjadi, orang korea bilang 'ottoke?'
pertama, harus memblokir kartu ATM kita. bisa via call center. Selanjutnya lapor ke bank untuk mengajukan permohonan Kartu ATM yang baru. Biasanya pihak Bank akan menyuruh kita mencari surat keterangan hilang dari kepolisian. untuk hal ini bisa ngurus di kantor polisi terdekat, bisa polrest atau polsek.
jika sudah lengkap berkas  yang diminta pihak bank, biasanya kita disuruh menunggu minimal 14 hari kerja untuk proses pembuatan kartu baru. Namun, juga tergantung Banknya, bisa lebih cepat atau mungkin lebih lama.

4. Saldo keDebit
waktu menjelang 2 hari sebelum lebaran 4 tahun lalu saya hendak membeli baju dan peralatan lebaran, akhirnya saya ngambil uang via ATM hampir 3/4 isi tabungan saya. kartu masuk, PIN udah dipencet, jumlah uang sudah ditentukan, nungggu lama uangnya g nongol2 juga. mesinya bilang silahkan ambil uang, tapi uang nya g keluar. whatttttttttttttt

trus saya cek saldo ternyata sudah berkurang sebanyak yang rencananya mau saya ambil tadi. pengen marah, panik, bingung, kok bisaaaa...
langsung saya telpon call center, ternyata masnya pinter, dia sudah bisa menebak apa yang terjadi pada tabungan saya. dan dengan santainya si mas bilang minimal prosesnya 14 hari kerja. heran kenapa bank suka banget dengan angka 14. padahal itu sudah H-2 lebaran.

saya kurang jelas apa penyebab hal ini terjadi, saldo sudah berkurang tapi uangnya g keluar, mungkin karena isi mesinya habis, tapi sistem lambat respon atau bagaimana. yang jelas kejadian seperti bikin gondok banget..

kalo hal ini terjadi yang pasti kita harus lapor ke pihak bank. Setelah lapor ya gitu harus nunggu proses yang biasanya 14 hari kerja. baru uang kita bisa balik masuk ke rekening kita.

berikut call center dari beberapa bank di negeri ini:

1. BNI Call : 500046 (fixed line dan telkomflexi dari seluruh nusantara dengan tarif lokal) atau 021-500046 atau 68888 (hp GSM) atau klik

2. Halo BCA : 500 888 atau (021) 500 888 (dari ponsel GSM)

3. Call BRI : 14017 atau 021-57-987-400

4. Call Mandiri : 14000 atau (021) 52997777

5. OCBC NISP : 500-999 atau 021-26506300 atau 66-999 (hp)

6. Phone Banking CIMB Niaga: 14041

7. Contact Center BTN : 021- 26533555

8. Contact Us BII: berdasar daerah klik

  • Share:

You Might Also Like

129 komentar

  1. Wah, saya juga sering mengalami kejadian yg pertama, kartu atm ketinggalan di atm, 4x kyakny.Kalo ATM BNI itu apakah jg otomatis ketelan ya, kalo ditinggal lama??

    ReplyDelete
  2. Ane kykx baru kejadian bbrp hari yg lalu,ane udh ngambil struk ma uang di atm muamalat(persis dpn bankx) tpi lupa ngambil atmx;itu ntar ketelen juga ato kita harus lapor buat blokir?

    ReplyDelete
  3. setelah sekitar 10 detik kartu yang g diambil otomatis akan tertelan. Tapi sapa tau habis keluar ruang ATM ada orang masuk, jadi saran saya di blokir aja dulu, untuk keamanan baru nanti diaktifkan lagi.

    ReplyDelete
  4. Jangan dag dig dug ...santai aja
    Telpon ke cs bank yang bersangkutan...
    Kalau hilang langsung di blokir

    ReplyDelete
  5. Kalau ane hari ini. . . . . niat mw transfer. terus pas terakhir kan d suruh masukkin PIN. yaa,,,ane masukkin PIN. kok struk gk keluar-keluar. nyampe 3 kali baru sadar,,,,maaf kartu ATM anda sementara kami Blokir. gkgkgkgkgkgkgkgkgk :)


    #Males Ngantrine

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sudah ampun dengan masalah seperti ini, jadi kalo udah satu kali salah mending langsung ganti pin baru aja

      Delete
  6. gan ATM BTN ane tadi ketelen di ATM BTN Surabaya tepat di depan kantor pusat di Jalan pemuda
    tadi dah lapor tapi kok pakek ngurus surat ke kepolisian segala nih n , kena charge lagi 15 ato 25 gitu lupa ane, padahal tdi kata pak satpam bisa dibuka kok ATMnya tpi pas ke CS nya ( karena deket) Katanya suruh ngurus surat Kehilangan dari kepolisian.

    --a masak ketelen disamaain sama hilang

    SAYA SANGAT KECEWA DENGAN PELAYANAN BANK BTN

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan kecewa dulu agan, mungkin ada salah persepsi ma CS-nya
      3 kali pengalaman ATM saya ketelen mesin cuma satu kali saya disuruh ngurus surat kehilangan, soalnya saya g yakin ATMnya ketelen ato emang hilang. tapi akhirnya saya males ke kantor polisi, 1 minggu kemudian dapat telpon dari bank kalo ATM saya ketelen. alhasil, g perlu ngurus surat kehilangan.

      Delete
    2. Ia sy pernah blgnya ktelen padahal ilang hahaha

      Delete
    3. kalau ketelennya di atm link kira" nanti dapat telfon dari pihak btn nggak ya ?

      Delete
  7. saya barusan mengalaminya, tetapi tidak seperti itu..pin yang saya masukan benar,dan sblumnya saya juga memasukkan pin yg sama dan tdk mengalami masalah,tp bru kali ini saya ambil uang ke atm dgn pin yg sering ane pake, tp kenapa di atm tertulis pin yg anda masukan salah, ane berpikir mungkin salah pencet nomor unt pin ane, ane ulangi dgn pelan2..tp tetep aja salah, saya mengulanginya sampe 10 kali..malah tertulis kesalhn sdh melampaui batas..yg salah mana nih..terpaksa saya tdk jadi ambil uang di atm.. Ada solusi ga,selain ke teller bank..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin agan lupa pernah ganti pin terus lupa, seperti saya kemaren, untung masih dua kali salah.
      setau saya, untuk aktifasi kartu atm dengan perbaikan pin, solusinya ya ke CS bank terkait. kalo g salah disemua cabang sudah bisa, jadi g harus ke bank tempat buka rekening

      Delete
  8. kartu saya tertelan dibandara bagaimana ya? ceritanya saya ambil uang nih tapi saya baru ingat ketika diluar negeri kalau atmnya belum sya ambil dari atm, kira2 bagai mana solusinya ya... karena saya butuh uang yang ada disitu. sya pernah dengar surat kuasa pengambilan uang tapi bagaimana ya? atau ada yang bisa bantu solusi lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo masalah ini saya belum pernah mengalami,
      coba tanya ke bank dari kartu atm yang agan pakek

      Delete
  9. tapi buku tabungan saya di pegang ama orang tua sya sedangkan sya tinggalnya jauh dari orang tua,gimana tuh?apakah kartu ATMnya memiliki batas waktu untuk penggantian nomer pin?

    ReplyDelete
  10. kayaknya g ada cuman takutnya dimanfaatkan oleh orang2 yang kurang bertanggung jawab. jadi mending di non aktifkan dulu atau minta keluarga untuk ngefax atau email buku tabungannya

    ReplyDelete
  11. Kakak td bru aja slah masukin pin. Cz terlalu bnyk disuruh ambil uang dgn berbagai macam jenis. 3x keblokir. Pdhl aku diluar daerah. Dan ini atm punya ortu. Gmn ini???? Pdhl ge mepet bgd. Uang menipis.mhon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba besok datang langsung ksalah satu cabang bank atm kakak yang terdekat dengan tempat kakak sekarang.

      Delete
  12. td dapat tlpon dari kk klo baru saja pinx terblokir, terus tabungannya ada diluar daerah.. mana ATMnya punya atas nama aku lagi.. apakah bisa diurus itu walaupun kartu atm nya bukan atas nama kakak???

    ReplyDelete
  13. kayaknya bisa, asal dokumen yang dibutuhkan ada

    ReplyDelete
  14. Saya mau nanya dong. Kok saldo diatm bni saya tiba2 berkurang ya.pdhl saya jarang untuk ambil duitnya. Kira2 itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di print buku tabungannnya, biar tau kira2 uangnya prgi kemana, sapa tau nanti agan termasuk korbannya Malin*a d**, hehehe

      Delete
  15. Tarif telepon call center itu memberatkan...
    Kenapa ngga online chat aja ya lebih murah n pelayanan pasti lebih enak ngga perlu ngulang2 alphabet lagi C - charlie, D - delta dst coz semuanya diketik, dan juga ngga perlu lagi ah.. eh... karena suara kresek2 atau low signal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nice sharing,,,
      bisa menjadi salah satu alternatif,
      cuman dari pengalaman saya live chat, dikasih batasan waktu, kalo g salah cuman 10 menit. dan kadang kalo jaringan sedang sibuk, belum selesai cari solusi, udah time out, kalo ngulang mesti antri lagi

      Delete
  16. bagaimana nih tanggapan dari mandiri

    ReplyDelete
  17. Saya pengguna BCA , kalau struk pembayaran hilang bisa minta lagi ke teller tidak yah ? Info dong Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf, saya belum pernah punya pengalaman soal itu,
      kalo sudah dapet solusi, di share yah

      Delete
  18. saldo ke debit pengalamanQ jg tuh... padahal mw bayar uang SPP bwt kuliah hari itu..
    Q pencet 1x uangnya g kluar.. trus Q pencet lg 1x gag kluar2 jg..
    trus ku cek saldo.. eeehhh malah uangnya berkurang
    panikk nya minta ampun d situ...
    lalu ku datengin cabang bank nya... tunggu 14 hari kerja ya
    gedubrakk...
    padahal itu hari terakhir bayar SPP

    ReplyDelete
  19. kalo mw transfer, udh sukses pas detik2 terakhir kblokir salah msukin pin gmn ya? itu uangx udh k transfer belum kira2?? banknya jauh2, blm sempet ngecek.. khawatir dh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya g yakin udah ketransfer, karena pinnya salah,
      untuk meyakinkan ya satu2nya komfirmasi ke banknya

      Delete
  20. Kalau saya kehilangan ATM, terus saya memutuskan untuk tidak membuat ATM baru lagi,, apakah saya masih harus meminta surat keterangan dari polisi-?? Mohon jawabannya.. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara adminitrasi kalo mau tutup tabungan harus bilang ke pihak bank, tapi rasa g masalah kalo kabur aja, malah g kena biaya adminitrasi

      Delete
  21. Ya. PIN hrs selalui dihapal/diingat. agar tdk kelabakan wkt mau gunakan ATM :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. like this,,,
      tapi yang namanya lupa, kita g tau kapan

      Delete
  22. gan mah tanya nih kartu atm ane ketelan gan...nomer pin udh ane masukin trus ada daftar menu pilihan
    pas ane mau pencet chek saldo...tiba2
    lagnsg ke menu awal lg gan yg iklan2 gitu...udh ane cancel tp ga keluar juga..
    tapi org laen bisa gan...
    padahal ane ga ngresa telat atau lambat...tolong solusiinya ya gan
    ada apa dngan kartu ane

    ReplyDelete
  23. ATM Saya baru saja terblokir karena salah pin,.saya tidak bisa datang ke bank dalam waktu dekat karena sibuk,.apa tidak masalah jika saya kebank dua minggu lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. g masalah, asal anda tidak menggunakannya

      Delete
    2. Maaf mau tanya tadi sy kan mau ngecek saldo ke bank bri byasanya pin nya ane itu itu kok 3x salah trs itu keblokir ndak ?? Apa besok bisa di ulanh lagi kalo mau ngecek?

      Delete
    3. Td kn ane di atm niat ane mau cek saldo udah aku masukin pinya e udah 3x katanya udah kebanyakan masukin pin . Trs ane takut kira2 ke blokir ndak.. Trs kalo mau ke atm bsoknya bisa d buka nggak .

      Delete
  24. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  25. gan saya 2013 awal buat kartu ATM BNI tapi nomor PIN bawaan atau yg asli gak pernah saya ganti sampai sekarang. kira-kira menimbulkan masalah nggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ups banget, segera diganti aja dan akan lebih baik jika diganti secara periodik gan,,

      Delete
  26. Yg parah ane nih barusan...ngambil duit ....duitnya gk keluar eh saldonya kepotong..nelpon cs BCA suruh nunggu 14 hari...aduuuh anekan butuhnya jga sekarang....gimana sih...kira2 balij gak ya duit ane....

    ReplyDelete
    Replies
    1. bete banget, saya sudah pernah mengalaminya 2 kali, dan alhamdulillah balik duitnya cuman emang harus sabar, memang untuk prosesnya butuh waktu yg agak lama

      Delete
  27. Uda salah masukin pin 2 kali.. kali beaok nyoba lagi tinggal 1 ksmptan lg apa ke reet jd 3 ksmptn lg ya...??? Kalo ternyata bsk pinnya bener ,, kira2 ksmptnnya bakal nyaruh bwt kdpnnya gak kalo salah pin lagi.. mohon pencerahan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetep kehitung gan, jadi mumpung ingat cepet diganti aja

      Delete
  28. gan ane niat nya mau transfer uang pass selesai ketik no rek yg dituju kok malah duit nya keluar lagi dan ada tulisan kartu anda kami tahan .itu kenapaa ya ? mohon di jawab terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl yang ini belum pernah ngalamin, langsung kontak cs banknya aja

      Delete
  29. Maaf min, mau nanya nih, ane buka tabungan BRI simpedes, mulai awal buka sampe skrg pin atm ane blum prnah ane ganti , ya skitar setahun lebih lah, kira2 bermasalah gak min , min solusi donk min ? Makasih..

    ReplyDelete
  30. Maaf min, mau nanya nih, ane buka tabungan BRI simpedes, mulai awal buka sampe skrg pin atm ane blum prnah ane ganti , ya skitar setahun lebih lah, kira2 bermasalah gak min , min solusi donk min ? Makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp, tapi disarankan cepet diganti dan diganti secara periodik

      Delete
  31. Saya salah pin. Sudah kblokir. Trs blm sempet ke bank untuk lapor. Blh ga yah. Apa ada batas waktu untuk melaporkannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya enggak tapi ending cepet di urus aja

      Delete
  32. Gan. ATM BCA gua Ketelan. kan gua suruh teman gua untuk narik dana. katanya dia tau. nah pas dia ke mesin ATM yg ada di Indomart eh dianya salah pencet. yg dia pencet nomor yg terterah di layar. bukanya TRANSAKSI LAINYA. di situlah ATM gua ketelan, kata tmn gua. nah pertanyaan gua. apakah UANG yang ada di ATM gpp atau bagaimana?
    mohon bantuanya..

    ReplyDelete
  33. ada yang tau nggak kenapa di saldo atm tibatiba muncul ada tanda minus sehingga saldo tdk bisa diambil?? contoh -1.800.000. padahal itu baru aja dapet transferan dr ortu. udah coba tlf ke call center prosesnya lama sampe pulsa pada hbs. mau ngurus ke bank, sabtu minggu libur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maap gan yang ini belum pernah ngalamin juga, kl udah solusi tolong dishare yah, thanks

      Delete
    2. biasakan menggunakan internet banking untuk mengontrol rekening anda

      Delete
  34. Gan bagamana ni kalau maw ganti kartu atm. BRI soal kartu atm aku rusak trus masalahx saya lagi di luar daerah apakah boleh ganti kartu atm bukan di trmpat kita buka rekening

    ReplyDelete
  35. Gan mau nanya ni apa boleh ganti kartu atm BRI yang rusak bukan di tempat buat rekening

    ReplyDelete
  36. kalo salah pin udah 3x trus kblokir , harus bikin rekening baru atau tetep rekening yg lama????

    ReplyDelete
  37. mas kalo kita masukan pin 1 kali terus kita gak mau lanjutin sampe 3 kali salah. itu kartu bisa di ambil lagi apa engga? atau ada tombol khusus supaya tidak jadi ambil uang dan kartunya keluar. newbie pake atm soalnya. trims

    ReplyDelete
  38. kak tanya dong.. kemarin atm saya tertelan mesin atm.
    saya kemarin lupa mencatat nomor call center yang tertera di layar mesin atm karena terlalu panik. trus tadi saya coba buat telfon cs nya, tapi gagal mulu. kemarin sih sama satpamnya disaranin buat ngurus atm baru di tempat saya buka rekening. karena hari sabtu dan minggu tutup, saya baru bisa ngurus senin depan. gitu apa ndak apa ya?? takut saldonya ilang.. :3
    mohon balasannya yaa..

    ReplyDelete
  39. Maaf min mau taya nih min .. apakah saya bisa menguruskan PIN ATM yang terblokir milik nenek saya,, nenek saya sudah tua min ?? mohon pencerhannya min , terimakasih

    ReplyDelete
  40. apakah bisa min saya menguruskan pin ATN milik nenek saya yang terblokir

    ReplyDelete
  41. Uang Z tertelan di mesin ATM BPD tetapi Z menarik menggunakan kartu ATM BRI.Di bank mana Z harus melapor,BPD atau BRI???

    ReplyDelete
  42. Aku barusan aja keblokir gara2 pin nya lupa trus gimana Dong mana itu Atm mama aku sedangkan ATM nya atas mama aku gimana dong ? Aku takut dimarahin T,T

    ReplyDelete
  43. Biaya ganti kartu atm btn rusak berapa ya? Dan apakah harus di cabang tempat buka rekening atau bisa si cabang lain?

    ReplyDelete
  44. Apalah ada masalah dengan kartu kredit? Mungkin auto debet?

    ReplyDelete
  45. TERJADI Kartu ATM Di Telan Mesin ATM M , Sebelu saya mau ngambil Uang ada juga seorang Ibu-Ibu Ngambil Uang di Mesin tsb , KARTU ATM Keluar tetapi Duit / Uangnya GAK KELUAR. Si Ibu Stres !!!! Tanya Kenapa Kartu keluar tetapi Duit gak Keluar . Lari kemesin lain di Cek Saldo telah Berkurang , Makin Stres .
    Karena saya Perlu , saya coba eeeeeeeeh ternyata , Fatal Kartu ketelan dan Duit gak Keluar , di stulah merasakan Stres dan Lari ke Satpam Mall , supaya menghubungi CS 14000 dan 021 XXX ... , ( Lama ) . beberapa kali dan ada suara Musik ( ? ) , Jawabannya di Blokir , Apakah Uang sebanyak ( Rencana ) di ambil akan Kembali atau dan Saldo akan Berkurang ( ? ) Streees !!!!.

    ReplyDelete
  46. Misi kaka kaka mau nanya kan tadi diatm aku ada 254 isinya trus siangny aku nabung 220 kok isi saldonya cuma ada 357 sisanya kemana ya apa mungkin ada yg nyedot saldo aku solusinya gimana yA TOLONG dijawabbb yap

    ReplyDelete
  47. Butuh waktu berapa jam kah supaya pin baru pada atm mandiri dapat aktif?

    ReplyDelete
  48. Assaamualaikum, saya mau bertanya kalau mengubah pin atm apakah harus menunggu beberapa jam supaya pin baru tsb aktif? ataukah pin baru tsb langsung bisa digunakan saat itu juga? trmksh

    ReplyDelete
  49. Bagaimana kalo buku rekening hilang no reknya ya lupa. Sementara sdh tinggal diluar kota yang di bawa cuma atm doang

    ReplyDelete
  50. Gan klo atm keblockir karna uangnya abis kira" masih bisa diaktifin lg ga min? Udh 3bln lebih.

    ReplyDelete
  51. Gan kalo atm keblokir udh 3bulan krna engga diisi" kira" masih bisa di aktifkan kmbali ga min?

    ReplyDelete
  52. Gan kalok tulisan di ATM nya "waktu transaksi anda time out" itu ke blokir apa kagak?

    ReplyDelete
  53. Gan tolong dong saya td mau transfer melalui atm bersama ke bri tadi sudah masukan nominal dan nmor rekening yg dtuju tp setelah itu tulisannya transaksi tidak bisa dproses lalu saya cek saldo tidak keluar nominal gan lalu saya pindah atm ke bri lansgung lalu saya cek saldo malah keluar tulisan pin anda salah gitu gan anehhh apa ke blokir gan :( ini atm tante saya

    ReplyDelete
  54. apa yang akan terjadi jika saya kirim uang menggunakan atm. nomor rekening tujuan benar namun saya lupa kode banknya. saya lihat saldo, saldo saya sdh terpotong

    ReplyDelete
  55. saya barusan mengalaminya, tetapi tidak seperti itu..pin yang saya masukan benar,dan sblumnya saya juga memasukkan pin yg sama dan tdk mengalami masalah,tp bru kali ini saya ambil uang ke atm dgn pin yg sering ane pake, tp kenapa di atm tertulis pin yg anda masukan salah, ane berpikir mungkin salah pencet nomor unt pin ane, ane ulangi dgn pelan2..tp tetep aja salah, saya mengulanginya sampe 10 kali..malah tertulis kesalhn sdh melampaui batas..yg salah mana nih..terpaksa saya tdk jadi ambil uang di atm.. Ada solusi ga,selain ke teller bank..(INILAH YANG BBARU BEBERAPA MENIT LALU SAYA ALAMI)seperti bang ATRIL LAXO di atas.....ceritanya saya nih ke ATM BRI karena ada yg mau minta transfer,,,nah pertama mau cek saldo saja sudah PIN SALAH,,kedua mau Transfer sudah bener tekan Nominal dan bener PIN SALAH,,,dan ketiga mau cek saldo lagi PIN SALAH....Loh anehnya kenapa tidak tertelan tapi justru KELUAR mesin,,stresss jadi mikir yang salah siapa krena saya yakin PIN benar kok mesin bilang Salah.,...ada yg bisa kasih penjelasan? memang kudu ke Bank nya langsung besok,,lebih stress memang kalau pas hari Libur bank Tutup dan butuh uang...

    ReplyDelete
  56. ATM ketelen & pin salah sy baru ngalamin minggu lalu sampe akhirnya dua hari harus bolak balik cuma buat ngurus atm :(
    yang parahnya pas nelepon cs bener2 ngabisin pulsa :(

    ReplyDelete
  57. Sy mau tny.
    Kmrn sy menarik uang diatm bri setelah keluar uang dn struky lngsg aku ambil dan klwr lngsg pulg. Wkt smpai drmh bru ingt kl atm msih ddlm mesin dn proses transaksi blm slsai ad beberapa pertanyaan blm ak jwb.
    Anda ingin bertansaksi lagi
    YA
    TIDAK
    It blm ak pilih tp ak mlh lngsg pergi stlh ambil uang dan struk

    Prtanyaany.
    Apkh atm akan tertelan? Atau tetp begitu menunggu jawabn diats?
    Tlg jwb ya. Trmksh

    ReplyDelete
  58. Agan saya mau tanya nih kalau kartu atm tidak dapat digunakan untuk ambil uang dan bertuliskan "maaf sementara kartu anda tidak dapat digunakan" itu maksudnya apa ya gan dan bagaimana solusinya supaya kartu atm saya dapat digunakan lagi,,

    ReplyDelete
  59. Agan saya mau tanya nih kalau atm tidak dapat digunakan sementara waktu itu maksudnya gimana ya.trimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin karena sudah tuga kali salah pin

      Delete
  60. Saya mau tanya, kenapa waktu ambil uang di atm bri kok uang nya keluar tapi struknya tdk keluar, kira" apa sebab nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kertas struknya abis mungkin, hehehe
      tapi saya juga beberapa kali kalo ambil di atm bri dan kartu atmnya bukan bri, sering g dpt struk.

      Delete
  61. Permisi gan saya mau tanya nih.. Saya punya kartu atm Ocbc Nisp. Buka rek nya itu di karawang. Tepatnya itu dari PT saya bekerja sekitar th 2014. Kartu itu udah ga saya pake lagi, saya simpen aja d dompet. Hehe
    Skarang saya mau pake lagi.. Tapi buku rekening saya ilang. Dan saya lupa no rekeningnya. Saya mau isi saldo lewat transferan dari temen saya. Tapi kan masalahnya saya lupa no rekeningnya..
    Gimana solusinya gan ?

    ReplyDelete
  62. ini atm saya rusak, tapi saya lagi di luar kota, bisa gak ya di perbaiki soalya saya gak punya KTp kota ini ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih jelasnya silahkan ke kantor cabang terdekat

      Delete
  63. saya mau tanya bagaimana cara memblokir ATM dan buku rekening BRI yang hilang. masalahnya tas saya hilang dan didalamnya ada buku tabungan BRI dan ATM nya. bagaiman caranya mohon pencerahanya

    ReplyDelete
  64. Mas ambil atm yg tertelan pakai buku tabungan ga? Buku tab saya hilang

    ReplyDelete
  65. Gan ngurusin atm yg tertelan di mesin atm bank lain, itu ngurusnya hrs kemana gan ?
    jadi atm ane bri, ketelen di mesin atm bca ,, itu ngurusinnta kemana ? Mksh ..

    ReplyDelete
  66. Gan klu transaksi anda time out lalu transaksi dibatalkan kenapa ya gan?

    ReplyDelete
  67. Mau tanya nih gan, gini ceritanya gan kaka saya sudah transfer uang ke rek bri saya dan saya ke atm untuk ambil uang kenapa saldo tidak cukup dan saya melakukan cek saldo ko yg muncul di layar mesing atm minus,jadi saya mau tanya apakah atm saya yg terbelokir atau cuma gangguan gan tolong di jelaskan

    ReplyDelete
  68. Sy mau tny.
    Kmrn sy menarik uang diatm bri setelah keluar uang dn struky lngsg aku ambil dan klwr lngsg pulg. Wkt smpai drmh bru ingt kl atm msih ddlm mesin dn proses transaksi blm slsai ad beberapa pertanyaan blm ak jwb.
    Anda ingin bertansaksi lagi
    YA
    TIDAK
    It blm ak pilih tp ak mlh lngsg pergi stlh ambil uang dan struk

    Prtanyaany.
    Apkh atm akan tertelan? Atau tetp begitu menunggu jawabn diats?
    Tlg jwb ya. Trmksh

    Balas

    ReplyDelete
    Replies
    1. atm otomatis tertelah jika dalam beberapa detik tidak ada jawaban

      Delete
  69. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  70. Sekedar mau share pengalaman saya jg. Hari ini saya mau transfer Pembayaran DP rumah dr rek BNI ke rek Mandiri. Tetapi pas proses kliring pin saya disistem salah padahal di mesin gesek nya bener, pin diterima. Setelah dua kali salah, saya minta ke teller untuk coba pin di atm bank, ternyata bisa digunakan di atm, bs tarik tunai 2x. Alhasil saya cb lg di teller ternyata masih salah, keblokir lah karena sdh 3 kali. Skrg lg urus ke CS nya. Dari pengalaman ga enak yg sdh2 dgn BNI, saya sempet mikir untuk tutup buku aja sekalian.

    ReplyDelete
  71. Mau tanya gan , kartu atm saya kok malah keluar sendiri yaw, padahal cuma mau cek saldo aja, aku coba 2x kok belum bisa saking banyak yang ngantri ,malunya aku ga jadi deh ambil duit .he he he

    ReplyDelete
  72. Gan saya mohon penjelasan'y dong gan.. Saya baru aja ganti pin.. Dan saya sudah coba untuk ambil uang ternyata bisa gan dan saya transaksi lg untuk tranfer dan ternyat apa gan masukin pin baru dan saya sudah masukan pin yg bari di ganti tp ttp sampai tiga x akhirnya saya nyerah dan pulang.. Yg saya herankn kok gk bisa tranfer ke no yg sblmnya gk bisa padahl pin bener gan kira2 itu gmna y gan

    ReplyDelete
  73. Gan knpa waktu ambil uang bisa kok tranfer gk bisa masukan pin baru pdahal baru siangnya saya ganti gan dan pin yg saya masukin jg gk salah kok gan duh gmna ya gan

    ReplyDelete
  74. GAN ANE PNYA KARTU ATM BRI DAH SEKITAR 5BLN ANE G PRNAH MAKE N NABUNG PAS KMREN MAU NYOBA DI TULISAN MESIN ATM KARTU ATM ANDA TIDAK DAPAT DI GUNAKAN TERUS KARTU KELUAR LAGI GMNA TUH GAN SOLUSI DAN TINDAK LANJUT ANE

    ReplyDelete
  75. Mau tanya dong. Pada tgl 9 mei 2016 lalu saya melakukan transaksi di atm BRI setor tunai, nah atm saya masukkan kemudian uang juga udah sy masukkan, setelah itu ada tulisan mesin rusak dan atm sy keluar, saldo sy gak nambah. Trus lapor ke cs Bri trrdekat suruh nunggu 14 hr. Kira2 uang sy balik gak ya, sy bingung smpai skrg

    ReplyDelete
  76. Gan saya mau tanya nih..
    Barusan aja Atm saya ketelen dimesin,untuk keamanan saat itu juga saya langsung call center BRI, dan berhasil melakukan pemblokiran.
    untuk mengurus proses pengaktifan REK lagi kan syaratnya harus bawa KTP+buku tabungan?.. TAPI MASALAHNYA,buku tabungan saya ilang..jadi gmn dunk?apa bisa langsung proses tanpa buku tabungan?

    ReplyDelete
  77. bagaimana jika kita memasukkan pin yg benar tapi mesin atm nya bilang pin yg anda masukkan salah?

    ReplyDelete
  78. Kak kenapa saya mau trnsfr tapi di mesin ATM bilangnya transaksi tidak bisa di lakukan dengan kartu anda. Itu knpa ya? Minta solusi dong

    ReplyDelete
  79. Dari pengalaman yg sya alami,
    ktika ingin mengaktifkan sms notifikasi kartu atm sya slalu tertelan smpk 2x yg tertelan.
    Gmn solusinya utk mengaktifkan notifikasi ?

    ReplyDelete
  80. Klo saldo atm nol apa di blok





    ir atm nya

    ReplyDelete
  81. jika Atm tertelan kemudian saya blokir tapi saya belum sempat mengurusnya. dan sebentar lagi gajian. apakah uangnya tetap bisa masuk ke debit saya?
    saya panik bgt. takut uangnya ga masuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang diblokir atmnya, bukan rekeningnya, jadi kalo ada transferan atao kredit g ada masalah. karena yang di blokir hanya aktivitas atmnya saja

      Delete
  82. sudah lebih 3 kali salah pin trus kartu atm keluar lagi dan setelah itu tertulis dilayar melebihi batas waktu yg ditentukan trus kartu nya keluar lagi tolong dibantu apa bisa gak kartu nya bisa digunakan klo menghubi call cwnter bri

    ReplyDelete
  83. aku tadi rencananya mau ngambil uang aku d ATM , tapi bgtu masukin pin, koch katanya pin yang anda masukan salah...? padahal lgi perlu banget... uangnya gak bakalan ilang kan..? padahal baru beberapa hari yang lalu baru aktivasi atmnya... koch bgtu mau d pake di bilang pinnya salah, pdhal udah sama dgn yang waktu d aktivasi lalu... butuh saran donk ka....

    ReplyDelete
  84. Gan mau tanya saya ngambil atm bri dispbu tiba2 atm ketelen sya mnta tolong sma securty trus suruh ke bri trdekat.. cus ke bri sampai disana suruh blokir pda saat diblokir saldo yg ada hanya skitar 1jtan pdhal saldo sbelumya 30jtan, trus cs bilang mungkin lgi eror gitu.. dngan rasa gk prcya sya mndtangi bri pusat mnta print alhasil uang 30jt itu udh di trnfer ke beberapa rekening yg saya tidak tau rekenning itu..
    gmna gan sranya biar uang sya bisa balik.. tpi diprint kelihatan yang dtrnfer siapa aja.. kta bank nunggu 14 hari nunggu kputusan dari bi.. kira2 bsa balik gak ya gan..
    thnk

    ReplyDelete
  85. Kalo atm nya hilang terus gak langsung blokir dan lapor apah yg terjadi kak??
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  86. Gan mau tanya..
    Pas mau cek saldo saya dan saya tekan pilihan itu kok malah keluar mohon maaf kartu anda kami tahan

    ReplyDelete
  87. Gan atm ku ketelen.
    Ada tulisan mohon maaf kartu anda kami tahan

    ReplyDelete
  88. Kemarin saya mengalami tarik uang tidak keluar tapi saldo berkurang, setelah ditunggu beberapa menit uang tersebut kembali

    ReplyDelete
  89. Saya barusan terjadi hal yg hampir mirip seperti admin, saya tarik uang dan tarik kertas jumlah saldo. Cuman atm saya lupa ambil. Apakah Atm saya bisa tertelan mesin atau tidak ? Atm saya BSM, cuman saya Tarik uang di atm mandiri..


    #BankMandiriSyariah

    ReplyDelete
  90. Gan, atm ku sempat hilang lalu ada pihak yang menemukan dan mengembalikan tetapi pas di cek atm saya tidak bisa digunakan. saya hubungi call center ternyata ada yang pernah nyoba masuk 3 kali. tapi saya takut saldo di atm berkurang :(

    ReplyDelete
  91. Kalo sy lupa ambil uangnya,,,apakah benar uang itu ketelan lg dan jeda waktunya brp lama...???

    ReplyDelete
  92. Sekedar info bagi nasabah bank mandiri: Jika salah tekan pin saat transaksi debit via edc (mesin gesek yang biasa juga untuk transaksi kartu kredit), maka akan dipotong saldo 5rb, meskipun cuma salah 1x saja. Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  93. Gan minta PENCERAHANYA donk,
    Tepatnya hari ini,saya ambil duwit di ATM BCA sya ambil 2jt,tapi pas keluar duwitnya nyembur berantakan dan masih ada duwit yg belum keluar tapi masuk lagi ke mesin ATM,trus ketika saya hitung dwit yg sudah keluar ternyata cuma 1,7 trus itu kan msih kurang 300rb,tp pas sya cek saldo SDH berkurang 2jt,trus itu kurangnya gmna ya gan,apakah akan diganti SMA Bank bcanya,mohon PENCERAHANYA ya gan,tksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung konfirmasi ke banknya aja yah gan

      Delete
  94. Saya pengguna atm mandiri, pagi ini saya mau transaksi tapi yg muncul di layar "transaksi anda sebelumnya telah dibatalkan, apa ingin transaksi lain ?" tapi saya coba transaksi lainpun yg muncul kalimat seperti itu....
    mohon pencerahannya

    ReplyDelete