Tax Refund di Korsel

By ang - 16:23



Sebagai turis asing di negeri Gingseng kita bisa belanja dengan fasilitas Tax Free. Sistem Tax free di Korsel ada dua yaitu Duty free dan tax refund. 
Jika kita belanja di duty free shop, harga yang diberikan sudah bebas pajak. Kalau kita belanja di tax free store, kita bisa mengajukan pengembalian pajak.

Mekanisme tax refund ada dua, immediate tax refund dan delayed tax refund.
Untuk immediate tax refund, kita akan mendapatkan pengembalian pajaknya langsung di toko itu. Syaratnya hanya belanja min 3.000 KRW dan menunjukkan paspor kita saat transaksi. So jangan lupa paspor saat belanja. Saya mendapatkan tax refund dengan sistem seperti ini di Natural Republic Myeongdong.

Sedangkan untuk delayed tax refund, kita harus mengajukan pengembalian ke tax refund company tertentu. Ada beberapa tax refund company diantara:

Caranya:
  • Pastikan belanja di store dengan tanda tax refund seperti diatas. Biasanya ada stiker didepan toko.
  • Belanja minimal 3.000 KRW
  • Minta VAT refund recipt/tax free form, kita juga harus menunjukan paspor saat transaksi. Biasanya langsung dikasih sama kasirnya, tapi kalau nggak dikasih bilang aja “tax free".
  • Klaim tax refund, tax refund counter biasanya di airport, dan beberapa titik di kota.
  • Selesai, dan kita dapat tax refundnya

Dari pengalaman sebelum saya berencana akan melakukan tax refund dibandara, dan ternyata nggak sempat, karena penerbangan terlalu pagi dan terlalu mepet ke bandaranya.

Pada saat kunjungan kedua, saya melalukan tax refund di Myeongdong. VAT refund recipt saya kumpulkan dulu, dan baru saya tukar sehari sebelum saya meninggalkan seoul.

Cara klaimnya sangat gampang, langsung aja ke downtown cash refund dengan membawa VAT refund recipts dan paspor, nanti akan di proses sama petugas disana. Setelah sesuai kita akan diberi pengembalian pajak secara cash. Saat itu saya dapat lebih dari 10.000 KRW lumayan kan...

Oh ya saya dapatnya yang cube refund yah, mungkin untuk company lain akan berbeda.

Downtown cash refund ini terletak di komplek pertokoan Myeongdong,  bertempat di outlet Wonder Place di lantai 3. Fyi, outlet Wonder Place ada di dekat Aland dan Adidas.

happy shopping,,,

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar