Sewa Penginapan di Airbnb

By ang - 10:26

Salah satu apartemen yang saya sewa di KL, Source: airbnb

Salah satu yang harus disiapkan saat traveling adalah penginapan. Mencari penginapan di tempat baru bukanlah hal yang gampang. Kenapa? Karena kita belum tahu pasti daeha/tempat yang akan kita kunjungi. Kalo mau gampang kita bisa cari hotel yang dekat pusat keramaian, tapi kadang budget tidak mengijinkan.

Akhir-akhir ini saya lebih memilih sewa rumah atau apartemen di airbnb. sekilas gambaran, airbnb adalah penyedia layanan bagi orang yang ingin menyewa atau meyewakan kamar, apartemen atau rumah. Seperti agoda, tiket.com, traveloka, tapi jika situs2 ini lebih menawarkan hotel atau hostel, airbnb lebih ke property pribadi (kamar, rumah atau apartemen).

Kenapa saya lebih memilih airbnb?

Pertama, fasilitasnya lebih lengkap, biasanya dalam satu rumah sudah dilengkapi dengan simple dapur (kettle, microwave, kompor), ada mesin cuci, dan amanities yang kita butuhkan. Sehingga kita bisa masak tipis2, apalagi kalo berada di Negara yang susah cari makanan halal, atau hanya sekedar bikin mie instan. Mesin cuci juga sangat membantu, lumayan bisa cuci2 baju kotor kita, jadi pas pulang nggak bawa banyak PR aka cucian.
Kedua, feel like local, karena kita menempati rumah warga setempat. Kita bisa merasakan punya rumah sendiri di negeri orang, sedikit tahu kebiasaan warga lokal. Seperti pas di Korea, karena sering nonton drama korea kayaknya keren gitu buka pintu rumah pakek PIN, trus ada lampu yang otomatis nyala saat ada orang lewat. Receh tapi suka.
Ketiga, bisa buat bareng-bareng. Kalo kita perginya rombongan, kita bisa cari rumah rumah yang bisa menampung banyak orang. Saya pernah sewa rumah dengan 4 bed yang bisa muat berdelapan. Jadi kalo perginya sekeluarga atau rombongan patungannya lebih ringan.
Keempat, lebih private. Satu rumah yang kita sewa bisa kita kuasai sendiri, mau guling2, ketawa ketiwi nggak perlu sungkan sama tamu yang lain. Tapi ada juga beberapa rumah yang menawarkan sharing dengan pemilik rumah atau tamu lain, bahkan ada hostel yang menawarkan jasanya di air bnb.  
fasilitas kolam renang di apartemen yang pernah saya sewa

Pertimbangan2 itulah yang membuat saya lebih memilih airbnb untuk mencari penginapan di airbnb. namun ada beberapa hal juga yang harus diperhatikan:
  1. Karena ini adalah rumah orang kadang kita agak susah mencari alamatnya. tapi tenang, host akan memberikan detail rute menuju rumahnya, so jangan malu2 untuk menghubungi host dan tanyakan secara detail.
  2. Harus mandiri, kita hanya sewa tempat saja, no house keeping, no breakfast. sst, tapi saat diseoul pernah dapat penginapan yang ngasih simple breakfast, kalo nggak salah dapat roti tawar, Alhamdulillah lumayan buat ampet2.
  3. Full payment diawal, dan pilihan paymentnya hanya creditcard, google pay. Meski full payment diawal, insya Allah aman, kalo kita cancelpun bisa balik sesuai dengan ketentuan pembatalannya.

Balcony view di Apartemen yang pernah saya sewa
Tips
  • Jangan malas baca detail dan riview tempat yang akan kita sewa. Baca baik2 apakah hostnya bersahabat, lokasi, fasilitas, kapasitas tamu, akses, sudah sesuai dengan yang kita inginkan.  Jangan menyesal dikemudian hari. Hehehe. Pengalaman saat sewa rumah di Hongkong, karena sudah mepet dengan keberangkatan, begitu dapat yang cukup luas (rumah di HK sempit2) dan murah langsung booking, dan saat sudah di confirm baru baca kalo posisi rumahnya di lantai 4 dan no elevator, silahkan dibayangkan rasanya angkat2 koper gede kelantai 4. Tapi untungnya kamarnya cukup luas dan nyaman. Review juga sangat penting, kita akan tahu gambaran aslinya rumah lewat tamu2 sebelumnya, apakah recommended, sesuai dengan deskripsi dari host, dll.
  • Jangan pernah sungkan menghubungi host, alhamdulillah host yang pernah saya temui baik dan responsif kalo di hubungi. saya pernah di jemput karena bingung saat mencari lokasi rumah. Saya juga pernah minta disediakan setrika yang tidak ada didaftar fasilitas yang disediakan. Intinya keep in touch sama hostnya, meskipun sekedar tanya makanan enak terdekat.
  • Get bonus credit, kita bisa dapat kredit 32$ untuk pemesan pertama. Caranya bisa klik undangan ini untuk mendaftar.
  • Jangan lupa download aplikasi, disini sudah ada fasilitas chat dengan host untuk mempermudah komunikasi.



Setidaknya sudah 5 kali saya menggunakan airbnb untuk mencari penginapan, apakah kapok? Enggak, saya malah ketagihan….

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar