Halal Food di Hongkong

By ang - 07:47


Salah satu oleh-oleh yang ingin saya bagi sepulang traveling adalah sharing halal food di Negara yang baru saya kunjungi. Bagi muslim traveler mencari makanan halal menjadi PR tersendiri, apalagi kalo sedang mengunjungi Negara dengan mayoritas non muslim. Meskipun bisa diakali dengan membawa perbekalan dari rumah, tapi perjalanan terasa kurang nikmat kalo belum ngincipi local food nya.


Salah satu daya Tarik Hongkong adalah makanannya yang terkenal enak, mulai dari dim sum, egg tart, mie, dll. Rasanya sayang di lewatkan kalo kita sedang berkunjung kesana. Alhamdulillah, Hongkong sudah banyak resto halal dengan rasa autentik bahkan yang punya adalah penduduk asli yang muslim.
Berikut beberapa resto halal yang sempat saya kunjungi:

1. Aladin Mess

Tempat ini menyajikan menu indian food. Memang bukan local menu tapi bisa menjadi alternatif saat kelaparan karena tempatnya sangat strategis di pusat Causeway Bay. Nemu tempat ini karena memang dekat dengan penginapan dan saat searching hanya resto ini yang masih buka sampai jam 10 malam.
lokasi Aladin Mess, di atas toko kosmetik Sasa

Tempatnya agak kecil khas Hongkong, tapi makanannya enak, air putih gratis kalo habis langsung di isi lagi sama pramusajinya.
Rumah makan ini sudah mengantongi sertifikat halal dari The Incorporated Trustees of the Islamic Fund of Hongkong.
Pemandangan dari dalam rumah makan Aladin Mess, 'Times Square'

Jam buka: 11.45 - 15.00, lanjut jam 18.00 - 22.45 waktu setempat
alamat: 2/F, Fu Hing House, 60 Russell Street, Causeway Bay, Hongkong Island
Direction: Tempatnya ada di seberang Times Square (pojok perempatan seberang Times Square), Cari toko Sasa yang agak besar diatasnya ada Aladin Mess.

2. Islamic Centre Canteen

Menurut saya, ini tempat wajib yang harus dikunjungi saat di Hongkong. Terkenal dengan Dimsumnya yang super enak dan yang paling penting semuanya halal. Selain dim sum juga ada menu lain seperti soup, curry, ayam, daging, mie, nasi, dll.

Disini saya hanya menyoba dimsum, ingin membandingkan yang pernah saya makan dengan dimsum asli di negaranya. Menu yang saya pilih Steamed Siu May with chiken, steamed Shrimp dumplings, steamed chiken rice roll dan steamed glutinous rice with chiken in lotus leaf.






paling enak yang mana? Semuanya enak bangettttttttt, kalo saya paling suka siu may-nya, tapi kalo teman saya lebih suka steamed chiken rice roll.
Kenyang nggak? Kita pesen cuma empat menu dengan satu menu yang ada nasinya, dimakan berdua itu sudah kenyang banget.



Jam buka: 10.00 - 15.00 (dim sum), 18.00 - 21.00 (hanya untuk menu masakan kanton)
alamat: Osman Ramju Sadick Islamic Centre, 40 Oi Kwan Road, Wan Chai, Hongkong.
Direction: MTR Causeway Bay St, Exit A (Times Square) lanjut jalan sekitar 10 menit ke arah Masjid Ammar and Osman Ramju Sadick Islamic Centre. Masuk ke islamic center, naik lift ke lantai 5, langsung ketemu kantinnya.

Tips: 1) Jangan salah jam, kalo mau mencoba dim sum jangan datang lebih dari jam 15.00. 2) Kalo datang hari Jumat, jam makan siang akan sangat ramai, karena banyak jamaah sholat jumat mampir kesini. 3) Kalo bisa datang pagi, menu masih komplit dan relatif masih sepi.

3. Explorer’s Club Restaurant

Saat berkunjung ke Disneyland nggak perlu khawatir kelaparan, karena disini sudah ada 2 resto bersertifikat halal. Kita bisa ke Explorer’s Club di area Mistic Point atau ke Tahitian Terrace di area Adventureland. Selain itu kalo mau snacking dengan tema disney, bisa ke Main Street Market di area main street dekat pintu masuk, snack disini juga bersertifikat halal. 
Menu Tandoori Chicken and Lamb Curry Combo, drink: Mickey Sip Sip

Dari dua pilihan resto, saya lebih memilih Explorer’s Club karena lebih dekat dengan tempat sholat dan pilihan menunya lebih variatif. Disini ada masakan Jepang, Korea, India, Indonesia, dll. Menu pilihan saya adalah Korean Beef dan teman saya memilih Tandoori Chicken and Lamb Curry Combo dan minum yang sudah di topup ke Mickey SipSip.

menu Korean Beef
Satu menu Korean Beef terdiri dari 1 nasi, Daging, kuah, sayur dan segelas minum (kita bisa milih).  rasanya gimana? Karena udah lapar, rasanya enak bangetttt. Fyi saya hanya mengenal rasa enak dan enak banget. Porsinya juga gede cukup untuk memenuhi kebutuhan satu hari, hehehehe.
Harga satu porsinya 149 HKD sudah termasuk minum. Oh ya saya sudah beli online voucher makan, jadi tinggal nunjukin kartu makan saja ke mbak kasir. Voucher makan ini nilai maksimalnya 149 HKD, jika harga makanan kita lebih dari 149 HKD tinggal nambah ke kasir, jika kurang akan hangus. Kalo saya nggak mau rugi, jadi memaksimalkan yang ada saja.



Selain tiga resto tersebut ada beberapa tempat makan yang sebenarnya pengen banget saya coba tapi nggak sempat. Mungkin bisa dijadikan alternatif saat ke Hongkong.

1. Wai Kee

Tempat makan ini katanya sangat terkenal enak dan ramai dikunjungi oleh penduduk lokal. Menu utamanya adalah roast duck yang di brandrol HKD30 per porsi. Pemiliknya Muslim jadi insyaa Allah Halal.
Sebenarnya kemarin sudah nemu lokasinya, tapi karena sudah pengen banget nyoba dimsum di kantin islamic centre, akhirnya pending dulu.

jam Buka: 10.00 - 18.00, setelah jam 17.30 hanya melanyani take away order.
alamat: Bowrington Road Cooked Food Centre, 1/F, Bowrington Road Market, 21 Bowrington Road, Wan Chai.
direction: MTR Causeway Bay St, Exit A (Times Square), Lanjut jalan ke arah Bowrington Road Market sekitar 7 menit. Food Centrenya ada di lantai dua. Lokasinya lumayan dekat dengan Islamic Centre Canteen.

2. Popeyes Chickens and Biscuits
source: Tripadvisor

Kelaparan di bandara? bisa langsung ke Popeyes buat isi perut. Popeyes di HKIA ini sudah bersertifikat halal dari The Incorporated Trustees of the Islamic Fund of Hongkong.

Jam buka: 06.30 - 23.30 waktu setempat
Lokasi: Terminal 1 Departures East Hall, Level 7.

3. Chrisly Cafe (Bakery)

Selain dimsum yang pengen banget saya coba di Hongkong adalah egg tartnya. Setelah cari-cari akhirnya nemu yang halal. Tapi sayang nggak sempat mampir.
Kafe ini pemiliknya muslim, tapi tidak semua yang di jual disini halal. Khusus untuk bakery di olah terpisah dengan main Kitchennya dan bahan2 yang digunakan dijamin halal.
oh ya Chisly Cafe ini ada beberapa cabang di HK, tapi yang halal hanya di Shun Tak Centre.
jam buka: 07.00 - 19.00, setiap hari
Alamat: Shop 3018, 3/F, Shun Tak Centre, 168-200 Cannaught Road Central.
Direction: cari Shun Tak centre, biasanya kalo mau ke Macau naik ferry bakalan kesini. Cafenya ada di lantai 3, kalo sudah ketemu starbucks dan loket penjualan ferry ke Macau, jalan lurus aja sampai ketemu kafenya. Masyaa Allah, saya baru sadar saat nulis ini, saya sudah lihat sbux, saya juga juga beli tiket ferry disini tapi saya nggak tau ternyata lokasinya sudah dekat banget.

BONUS

Di hari pertama saya pergi ke Macau, cuma sehari saja, sorenya langsung balik ke Hongkong. Di Macau agak lebih susah cari halal food, recana mau makan di HK saja, tapi ternyata perut nggak bisa di bohongi. Hasil tanya Google kita di arahkan kesalah satu resto masakan Indonesia. Yup balik ke kampung halaman, dari pada lapeeer akhirnya kita ke sana sekalian numpang sholat. Nama restonya Loly Indonesian Food. Makan disini serasa makan dekat rumah, masakan indonesia, pengunjungnya sebagian besar berbahasa Indonesia, pramusajinya pun semua orang Indonesia dan ngomongnya Jawa Medhok.


Jam buka: Selasa sd Minggu, jam 12.00 - 22.00 (Senin libur)
alamat: Edificio Pek Hoi Kok, 33 R. da Erva, Macau
Direction: jalan 10 menit dari Ruins of St. Pauls. Jalan ke belakang bagunan Ruins of St. Pauls sampai ada jalan besar, belok kanan. jalan terus sampai ada pertigaan kekiri, belok kiri. Jalan terus, nanti akan ketemu dengan perempatan agak besar, masih lurus notok, belok kanan dikit terus belok kekiri, nanti ada tangga turun ikuti saja, jalan terus sampai ketemu tempat makannya di kanan jalan. atau ikuti gmaps ini saja.



  • Share:

You Might Also Like

0 komentar