Nginep di Bandara Soekarno Hatta (Soetta)

Bagi seorang budget traveler terkadang kita harus rela tidur dibandara demi menghemat uang jajan. Saya sendiri sudah dua kali tidur di KLIA2, saat pertama ke KL dan saat ke Korea. Menginap di KLIA2 mungkin sudah biasa, apalagi bagi penumpang maskapai dengan jargon ‘Now everyone can fly’.
KLIA2 merupakan bandara yang sangat friendly bagi traveler, selain nyaman, bersih, luas, disini juga ada banyak spot untuk tidur.  Bahkan ada tempat khusus untuk tidur atau rest area. Hanya saja AC dibandara ini kelewat dingin.

Saat bermalam di KLIA 2 yang pertama, saya dan teman2 lebih memilih tiduran di ‘Texas chicken’. Sekalian makan malam yang terlewat pagi, sekitar jam 00.30, disini ada tempat duduk (buat tidur) yang lebih empuk dari pada harus tidur dilantai (meskipun ada karpet tebal). Dan ternyata banyak yang tidur disini.

Kedua, saat transit menuju bandara Incheon, setelah isi perut kita menuju mushola karena belum sholat isya. Ternyata surau (mushola) sepi, akhirnya kita sekalian bobok disana, sekalian buat sholat subuh sebelum pernerbangan pagi. Nyaman tapi uadeeem.

Tantangan selanjutnya adalah saat ke Bangkok kemaren, kita ambil penerbangan paling pagi dengan rute CGK-DMK. Padahal kita dari daerah semua. Dari kota masing-masing berangkat malam hari sebelumnya. jadi mau nggak mau harus nginep.
Sebenarnya ada beberapa pilihannya. Pertama cari hotel bandara, dan malam itu sudah full booked. Kedua, cari hotel sekitar bandara, ada banyak pilihannya, namun setelah dipikir-pikir kita tidur nyaman disana hanya sekitar 3-4 jam karena jam 05.00 sudah harus sampek di Soetta lagi, sayang uang dan tenaganya.
Akhirnya ke pilihan ketiga nginep di bandara. Semula mau bobok diruang tunggu luar, karena kita belum boleh masuk (checkin), lama2 udaranya nggak bersahabat dan kurang nyaman. Akhirnya kita cari musholla, meski agak nggak enak cari musholla buat bobok, secara musholla kan buat sholat, tapi nggak ada pilihan lain. Hehehe. Dan ternyata bapak penunggu mushollanya udah paham kalo kita ada penerbangan pagi dan mau istirahat di sana. Dan kopernya bisa dititipin di bapaknya. Aman deh, bobok juga nyaman.
Memang nggak sebebas di KLIA2, tapi lumayanlah buat istirahat sejenak

0 comments: