Alternatif Oleh-Oleh Bangkok

Salah satu destinasi favorit orang Indonesia untuk Traveling adalah Bangkok. Terbukti pas kesana ada aja ketemu orang senegara, teruma di tempat shoping. Kata mbak tour guide yang asli orang Thailand,"Orang Indonesia sangat suka belanja." Bener banget, apalagi barang disana bagus-bagus dan murah meriah.
Kalo lagi jalan-jalan ke Bangkok dan sekitarnya dan masih bingung cari buah tangan buat sanak saudara, tetangga, teman, pak dhe, bu dhe, ponakan, dll ini ada beberapa referensinya.

1. Pasport Case


Kita bisa menghias sampul paspor kita secara custom, ditambah pernak-pernik sesuai pilihan dan ditambah dengan label nama. Karena ada nama kita, jadi semakin spesial. Cocok banget buat oleh2. Pilihan warnanya sangat banyak pink, orange, hitam, silver, perak, tinggal disesuaikan dengan keinginan kita. Untuk pernak-pernik pilihannya juga sangat banyak, mulai dari huruf, karakter hewan, ikon kota, pesawat, dll. warna untuk label nama juga bermacam-macam. Untuk milih aja kita perlu waktu lama, pengen begini dan begitu.
Selain pasport case, ada juga pouch, pocket, gantungan kuci, label bag, tas, dan masih banyak lagi. Harga untuk pasport case 100 bath, free label nama maksimal 8 karakter huruf, dan satu pernak-pernik. Kalo mau nambah pernak-pernik bisa, tapi nambah juga duitnya. Where to buy? hampir di pusat perbelanjaan ada, di chatuchak, asiatique, MBK. i can see everywhere.
 
tips:
a. setiap toko pasti ngasih contoh hasil karyanya, pilih yang hasilnya rapi dan bagus.
b. cari toko dengan label buy 5 get 1 free

2. Naraya Bag
cr: naraya.com
Naraya adalah brand lokal Thailand yang menjual tas dan pernak-pernik berbahan kain dengan kualitas bagus dan harga yang bersahabat. Produk Naraya sangat khas dan unik, tapi kini sudah banyak bajakannya termasuk di Indonesia.
Harga sangat bervariasi tergantung besar kecilnya tas, check webnya disini. Tokonya juga banyak, diantaranya di Asiatique, MBK.

3. Camilan
Selain produk tahan lama, nggak ada salahnya beli makanan. Banyak kok makanan Thailand yang nggak ada di Indonesia dan kebanyakan sudah bersertifikasi halal termasuk yang impor.
Where to buy? kalo snack enakan beli di BIG C supermarket, karena lengkap dan pilihannya banyak, harga juga lebih murah. serius bisa kalap disini. Oh ya Big C yang kita kunjungi adalah BIG C yang depannya Central Word, katanya ini BIG C yang paling besar.

a. Teh Thailand
kemasan lama
Ada yang istimewa dari teh negeri Gajah putih ini, karena tehnya berwarna orange, nggak seperti teh biasa. Sudah pernah coba? enak dan saya suka banget. Produk yang sering diserbu adalah Nestea yang varian Milk Tea. Must buy produk deh...
kemasan baru

Nestea milk tea ini minuman sachet yang udah mix thaitea dan susu, jadi tinggal minum saja. Kalau mau ngeracik sendiri bisa beli yang teh tubruk, tinggal sedu terus ditambah susu.

b. Rumput Laut

Kalau udah pernah nonton film 'The Billionare' pasti nggak asing dengan produk 'Tae Kae Noe'. Rumput laut hasil karya anak muda Thailand yang kemudian menjadi salah satu icon snack Thailand. Produk ini juga bisa dijadikan oleh-oleh, hanya saja udah banyak di mini market sebelah. Kalau saya lebih cenderung beli Rumput Laut merk 'Masita', selain tidak dijual di Indonesia , saya juga suka sama model di bungkusnya. hihihi, Kpoper pasti paham. Sayang modelnya akan segera ganti.

c. Buah Kering
Dried fruit juga terkenal di Thailand, aneka buah dikeringkan sehingga lebih awet. Saya paling suka keringan mangganya, enak banget. Pilihan buahnya juga banyak, ada jambu, leci, rambutan bahkan durian.


d. Makanan Impor
Kalo yang ini lebih karena memburu label halalnya (di Indoensia belum ada label halalnya). Samyang, Shin Raymun, Choco Pie, dan Pockey-Pejoy (fave snack).

Itu beberapa alternative oleh-oleh dari thailand, dan semua udah pernah aku beli. mungkin ada tambahan yang recomended?

0 comments: