[BUKU] TRAVELERS' TALE, BeloK Kanan: Barcelona!








Pengarang        : Adhitya Mulya, Alaya Setya, Iman Hidayat, Ninit Yunita
Penerbit            : Gagas Media, 2007
Tebal buku        : 221
Tag                   : cinta, humor, travelling





 Buku ini terbit pertama sekitar tahun 2007, mungkin sudah terlambat, tapi tidak rugi untuk membacanya. Cukup menghibur kisahnya, novel tentang cinta yang dipadukan dengan travelling. Cerita tentang 4 anak yang bersahabat sejak SD dan mulai timbul perasaan cinta saat SMA, yah cinta yang seperti kereta. Ucup yang memendam cinta pada farah,  farah yang tak mampu mengungkapkan cinta kepada Francis, dan francis yang suka Retno namun ditolak 2 kali karena kepercayaan yang berbeda. Untung retno g jatuh cinta ma si ucup, bisa jadi cinta segi 4 nanti. Setelah SMA mereka harus berpisah, dan kini keempat sahabat tersebut tumbuh dewasa dan bekerja di negara yang berbeda-beda. Konflik muncul setelah francis memberikan undangan pernikahan kepada ketiga sahabatnya, uniknya tempat pernikahannya bukan di Indonenia, tapi Barcelona, karena Francis akan menikah dengan gadis Spanyol.  Dari bebagai penjuru dunia Keempatnya pergi menuju Barcelona dengan misi masing-masing: mencari jawaban yang tak pernah tersampaikan selama ini.

Lucu, menghibur, romantis, dan banyak gambaran tentang negara-negara di dunia ini.  Lucu karena ada banyolan dan tingkah laku si ucup alias jusup. Apalagi nasibnya dalam memperjuangkan cinta yang berliku-liku mulai dari terperangkap dalam perang, masuk komunitas gay, sampai dikira sebagai tetoris. Kasian sekali nasib mu, bang ucup.
Menghibur, ditulis oleh 4 penulis, kayaknya satu penulis mewakili satu karakter dalam novel. Awalnya agak bingung, bagaimana bisa, tapi setelah membaca novelnya, disinilah sisi menariknya. Pembaca bisa tau penilaian antar tokoh. Yang membuat saya penasaran adalah apakah ini merupakan kisah nyata yang dibukukan atau memang sebuah karangan fiksi. Soalnya penggambaran 4 tokoh dalam buku mirip dengan 4 penulis novel ini.
Ending cerita sedikit tidak sesuai dengan prediksi saya, namun saya puas meski merasa sedikit kurang panjang. Mungkin karena sudah larut dalam cerita dan kepincut dengan karakter ucup. Overall, untuk yang suka cerita cinta yang ada humornya dan yang suka travelling ini termasuk novel yang rekommeded, cukup menghibur dan bikin pengen bernasib seperti tokoh dalam novel ini.

-ang-

0 comments: