Membuat Paspor di Imigrasi Blitar

By A ng' - 22:30


Waktu planing mau jalan-jalan keluar negeri, beberapa kali saya browsing tentang cara ngurus paspor, keliatannya gampang, mudah dan cepat. Yah, memang benar tapi kelihatannya saya datang diwaktu dan tempat yang tidak tepat. Jadi saya ngurusnya perlu maktu hampir satu bulan, padahal teman saya ada yang 2 hari langsung jadi. Usut punya usut ternyata pas saya ngurus itu bertepatan dengan kejadian kapal imigran gelap yang terdampar di prigi trenggalek. Gara2 kejadian itu banyak petugas kantor imigrasi harus ngurus para imigran gelap tersebut.

Pertama-tama untuk mencari paspor adalah memastikan kita punya dokumen persyaratannya.
Persyaratan permohonan paspor:
Persyaratan umum:
1.       Akta kelahiran/ijazah/akta nikah/surat baptis (salah satu saja)
2.       KTP/Surat Keterangan penduduk
3.       Kartu keluarga
Semua persyaratan umum ini dilampirkan asli dan satu lembar fotokopi, fotokopi harus di kertas ukuran A4, bukan yang lain. Persyaratan asli dikembalikan kok.
Persyaratan khusus:
1.       Anggota TNI, PNS, Pejabat Negara BUMN
melampirkan Surat Keterangan Izin Atasan Langsung
2.       Tenaga Kerja Indonesia
Surat permohonan dari PJTKI
Surat rekomendasi dari Disnakertrans
3.       Pelaut/seaman
surat rekomendasi dari agen pelayaran
Buku pelaut
perijinan kerja laut
ijazah pelaut
crew list
4.       Karyawan swasta
Melampirkan surat rekomendasi dari atasan
5.       Anak < 17 th
Surat pernyataan dari orang tua
Surat rekomendasi dari desa diketahui kecamatan+foto anak
Foto kopi paspor orang tua yang masi berlaku

Karna kebetulan saya tidak termasuk dalam orang2 dalam kategori khusus, maka g susah cari syaratnya. Semua merupakan dokumen pribadi, jadi sudah siap.
Biaya untuk satu paspor bervariasi, tergantung jalur yang dipakek. Ada jalur tol, jalur lurus, atau jalur yang lain, hehe. Dari pengalaman saya banyak juga jasa pencari paspor (calo), jadi kalo mau cepat dan g ribet bisa lewat ini. Tapi kalo saya lebih prefer lewat jalur yang benar, jadi tau bagaimana proses yang sebenarnya, syaratnya SABAR!!!
Biaya untuk paspor biasa, atau SPRI 48 lembar adalah Rp 200.000 ditambah biaya lain2 (saya lupa) Rp.55.000. jadi total Rp 255.000. itu tarif kalo jalur yang benar, namun ada teman yang bayar 500.000 tapi dua hari langsung jadi. Yah, ternyata disini juga berlaku harga membawa rupa.

Prosedur pemberian paspor
Prosedur berkut merupakan pengalaman saya mengurus paspor di kantor imigrasi kelas II Blitar sebgai berikut.
1Siapkan persyaratannya, kalo misal belum difotokopi disana ada koprasi yang bisa fotokopi, bahkan petugasnya sudah hafal betul apa yang diperlukan. Jadi tinggal sodor bapak/mbaknya udah ngerti mana yang harus dikopi dan bagaimana bentuk kopiannya. Secara umum kopiannya harus dikertas A4, KTP atas-bawah.
2Beli formulir di koprasi, sebelum minta nomor antrian harus punya formulir, sekali lagi belinya di koprasi. Bilang beli formulir bapak/mbaknya bakalan ngasih saru map kuning lengkap. Yang isinya 1 lembar formulir, 1 lembar surat pernyataan, dan sampul ijo paspor. Dan jangan lupa beli matrai Rp 6000 sekalian unutk diempel disurat pernyataan.
3Isi formulir dan surat penyataan, disana sudah disediakan meja untuk mengisi form tersebut. tapi sering kali meja2 ini penuh dnegan agen2 pemberangkatan TKI. Jadi pas itu saya milih ngisi di koperasi saja,mumpung lagi sepi dan bisa tanya2 ke petugas koperasinya.
4Minta nomer antrian, kalo berkas sudah siap langsung masuk ke kantor aja, terus cari pak satpam untuk minta nomer antrian. Sebenarnya nomer anotrian ini bisa di pesen dulu via sms, jadi g usah nunggu lama2.
5Kalo sudah dapat nomer antrian silahkan duduk di bangku antrian sampai nomer antrian anda disebut oleh komputer. Kalo sudah dipanggil silahkan menuju kasir 4 atau kasir 3. Menurut pengalaman untuk permohonan (P) antrian relatif cepet, kata pak satpam dalam satu hari biasanya sekitar 10-20 permohonan. Jadi g lama2 bgt antrinya. Dan kebetulan saya orang yang g suka berangkat pagi (karena sibuk) saya datang sudah agak siang, sekali minta nomor antrian langsung dipanggil. Hehehe, mungkin hanya kebetulan.
6Penyerahan berkas di loket. Disini berkas kita di cek oleh petugas, di verifikasi gitu. Dan pada tahap ini salah dampak imigran gelap terasa, saya harus menunggu sekitar 4 jam lebih untuk mengambil tanda terima. Sedangkan pada saat saya foto orang sebelah saya langsung dapat tanda terima. :-/
7Ditanda terima tersebut terdapat jadwal kita harus kembali lagi untuk foto dan bayar. Sebenarnya disini saya agak bingung, kenapa saya harus disuruh satu minggu baru foto, padahal temen saya bisa langsung setelah verifikasi data.
8Foto, tahap ini yang paling membuat jengkel, kenapa? Karena antriannya panjang banget. kok bisa padahal yang melakukan permohonan Cuma sekitar 10-20 per hari, phal ini disebbabkan banyaknya calon pahlawan devisa yang antri lewat agen mereka jadi yang melakukan permohonan adalah agen mereka. dalam satu hari mungkin ada ratusan calon tki yang mencari paspor. Miris.
9Wawancara, masih dalam satu ruangan dengan foto tahap selanjutnya adalah wawancara. Pada awalnya takut soalnya antara ktp dan diform yang saya kumpulkan berbeda jenis pekerjaanya, secara ktp saya pas jaman kuliah. Oya dalam pas wawancara kita harus membawa dokumen asli dari persyaratan. Dokumen sudah saya bawa tapi ternyata pas wawancara bapaknya bilang, ahh saya sudah percaya sama sampean. LOL. Beda banget sama mas2 sebelum saya yang ditanya ini-itu, saya Cuma ditanya ltanggal lahir saya doang. Berarti muka saya muka anak baek2.
1Setelah selesai foto, selanjutnya kita boleh pulang dan bisa mengambil paspor setelah 4 hari kerja (sesuai SOP), tapi dari pada nanti balek trus belum jadi kita bisa melibihkan 1 hari lagi atau konfirmasi melalui sms center.
1Pengambilan paspor, seperti biasanya harus mengambil nomor antrian dulu. Tapi prosesnya sangat cepat, setelah nomor antrian diberikan kepada petugas, kalo dikantor imigrasi Blitar mdi loket 5, kita dipersilahkan duduk dulu. G lama kita dipanggil, jadi deh paspornya, tandatangan dan pulang.

Secara umum g susah2 banget mengurusnya, jadi mending diurus sendiri aja, daripada dipercayakan kepada calo. Hal ini untuk menghindari suap-menyuap dan dapat memberikan pengalaman kepada kita.

Layanan sms center kanim blitar: 082 1399 13999
1.       Permintaan no. Antrian: ketik ANTRIP (untuk antrian permohonan paspor), ketik ANTRI <spasi>6 digit no. Terakhirpermohonan (untuk antri bayar dan ambil paspor)
2.       Info No. Antrian sedang dilayani : ketik C-ANTRIAN
3.       Info tahapan proses paspor : ketik 6 digit no terakhir permohonan
4.       Layanan pengaduan : ketik Saran <saran anda>
 so, bagi warga kediri dan sekitarnya yang ingin membuat paspor, visa dan urusan migrasi silahkan datang ke kantor imigrasi blitar. Good Luck

  • Share:

You Might Also Like

3 komentar

  1. Hari ini kira kira buka apa tutup ya ?

    ReplyDelete
  2. Pengambilannx kok dimintai paspor penjamin mksdnx gmn ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. KAK ini postingan 5 th yang lalu, untuk update cara mengurus paspor bisa lihat postingan terbaruku. makasih

      Delete